Nilai Minimal Masuk Universitas 2012


: Nilai minimal (passing grade) raport untuk masuk jurusan XXX Universitas YYY di SNMPTN Undangan 2012 berapa ya?

: Tidak ada nilai minimal ataupun passing grade dalam SNMPTN Undangan 2012. Hal tersebut disebabkan karena ada banyak sekali faktor yang menjadi objek penilaian dalam SNMPTN Undangan 2012. Bahkan, saking banyaknya faktor yang menentukan dan rumitnya penilaian, SNMPTN Undangan sering disebut-sebut sebagai undian berhadiah. Nah, besar-kecilnya nilai Anda pun hanyalah salah satu faktor di antara faktor-faktor yang ada. Makanya, nilai minimal raport atau passing grade raport di SNMPTN Undangan bisa dibilang tidak ada karena besar-kecilnya nilai raport Anda di SNMPTN Undangan 2012 hanya salah satu faktor di antara faktor-faktor penilaian SNMPTN Undangan 2012.

: Kalau gitu, ganti deh pertanyaannya. Berapakah nilai-nilai rapot yang di terima di XXX Universitas YYY melalui jalur SNMPTN Undangan 2012?

: Tidak ada yang tahu pasti berapa dan seperti apa nilai raport yang diterima dan lulus di SNMPTN Undangan. Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak faktor selain nilai raport yang menjadi penilaian dalam SNMPTN Undangan 2012. Maka, walaupun mungkin ada pola atau kesamaan tertentu yang muncul dalam raport-raport yang lolos seleksi SNMPTN Undangan, pola tersebut tidaklah jelas akibat distorsi dari faktor-faktor lainnya.

Tentang SNMPTN Undangan

: Terus, faktor-faktor apa aja yang jadi penilaian di SNMPTN Undangan 2012?

: Ada banyak sekali. Berikut salah satu faktor tersebut yang disadur dari e-book “Info Teknis Jalur Masuk UI 2012″

Besar kecilnya nilai raport peserta SNMPTN Undangan 2012
Pembobotan lebih terhadap mata pelajaran tertentu
Pemeringkatan nilai mata pelajaran yang diujikan di UN
Kestabilan nilai raport
Rangking peserta SNMPTN Undangan di sekolahnya masing-masing
Penilaian khusus untuk peserta BIDIK MISI
Pemberian nilai lebih untuk peserta dari jurusan IPS yang memilih jurusan IPS
Jumlah alumni sekolah peserta SNMPTN Undangan 2012 yang diterima di universitas yang dipilih oleh peserta
IPK alumni sekolah SNMPTN Undangan 2012 di universitas yang dipilih oleh peserta
Jika tidak lulus di pilihan pertama, akan dialokasikan ke pilihan kedua selama masih ada kuota yang mencukupi

: Waduh, nilai raportku kecil dan gak stabil, jadi gimana ya cara milih jurusan di SNMPTN Undangan 2012 nanti?

: Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali faktor yang menentukan di SNMPTN Undangan. Bahkan, SNMPTN Undangan 2012 dapat diibaratkan sebagai sebuah undian berhadiah. Maka, jangan takut dalam memilih jurusan dan universitas di SNMPTN Undangan 2012 nanti. Pilih saja mana yang lebih nyaman di hati Anda, sebab nilai raport yang kecil ataupun tidak stabil masih memiliki peluang yang sama di SNMPTN Undangan 2012. Lagipula, toh jurusan yang akan dipilih Anda saat SNMPTN Undangan 2012 bisa saja menjadi tempat Anda akan menghabiskan masa-masa kuliah Anda yang cukup panjang. Tentunya Anda tidak ingin menghabiskan masa kuliah Anda di tempat yang tidak Anda sukai, kan?

About these ads

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s