Sistem Bisnis


Hari ini memang hari spesial bagi gw, hari ini anak asuh dari ayah gw maen kerumah dia sekarang menjadi bisnismen orang kaya, bahkan keluarga gw aja di bawah dia.

Tapi paling mengesankan gw hari ini belajar manajemen bisnis dari dia. Okey gw mau bahas sistem itu tapi cuma sebagian soalnya panjang lebar sampe 2 jam pun belum selesai apalagi kalo nulis bisa kebayangkan. Simak di bawah ini.

Usaha itu paling penting SDMnya bukan pada pekerjaannya. Karena jika kerjaan tapi SDM kurang maka usaha itu akan gagal, yang penting adalah suatu kwalitas pelayanan jika kita melanyani pelanggan dengan baik maka pelanggan itu senang dan akan selalu kembali ke kita dan kembali lagi, usaha yang baik di tentukan oleh SDM jadi SDM sangat berperan penting dalam suatu bisnis.

Sekali melakukan kesalahan pecat, yah itu, dia berkata itu dengan nada di keraskan. Sekali melakukan kesalahan pecat, kecuali kesalahan itu tidak sengaja. Contohnya sebuah kesalahan adalah jika ada pelanggan yang marah-marah karena kurang pas eh dia (karyawan kita) balik marah-marah ke pelanggan lha itu lah kesalahan maka dari itu karyawan itu harus di pecat, tapi kalo kesalahan itu karena ketidak sengajaan harap di maklumi.

Percayakan kepada orang tertentu, usaha harus di percayakan ke orang tertentu bukan kita yang harus mengurusi, kenapa? karena jika kita bepergian kita tak harus repot-repot mengurusi tetek bengeknya. Kita harus mempercayakan kepada seseorang karena kita tak mungkin mengurus bisnis itu selamanya pastinya kita lebih banyak ingin liburan.

Carilah orang yang giat tak perlu pintar tak perlu sekolah tinggi dan harus bertanggung jawab, sekolah tinggi tak ada gunanya jika mereka malas malasan, di dalam bisnis yang di perlukan adalah giat dan bertanggung jawab, dan karyawan itu harus selalu ingin berlajar tujuan utama mereka adalah belajar dan bekerja bukan untuk mendapatkan uang, karena jika karyawan tersebut fokus pada hasil atau uangnya karyawan tersebut tak akan berkembang. Jadi carilah karyawan yang giat dan semangat untuk terus belajar.

Karyawan baru lebih giat dari pada karyawan lama, lha ini lah kendalanya, biasanya karyawan yang lama menjadi malas malasan, dan karyawan baru giat dalam bekerja tapi belum banyak pengalaman, karyawan baru harus selalu di adakan minimal 1 tahun sekali karena karyawan lama pasti sudah mulai merasa kebosanan dan akan malas malasan jika di kasih pekerjaan itu terus, tapi jika anda tak ingin mencari karyawan baru anda harus membuat inovasi baru barang-barang baru, agar mereka semagat lagi dan semangatnya bisa di andalkan seperti karyawan baru.

Bukalah 2 usaha bukan hanya satu karena jika satu tak laku yang lainnya bisa menutupi, contohnya saya membuka bisnis fotocopy dan saya sudah membuka cabang sampai 5 cabang lha itu, selalu membuka usaha dan jika bisa kita kaitkan usaha itu, kita buka wanet, itu kan saling berhubungan jika warnet tak jalan mulus tapi masih bisa di tutupi oleh biaya dari fotocopy tersebut. Itu bisnis paling penting ya yang penting adalah saling mengaitkan antara bisnis satu dan bisnis lainnya.

Gunakan uangmu untuk usaha lagi bukan untuk kesenangan, jika kita mempunyai 1 usaha dan itu jalan dengan lancar maka gunakan uang hasil usah pertama itu untuk membuka cabang yang ke 2 karena jika kamu mengandalkan hanya 1 usaha maka kamu akan mendapatkan uang segitu saja dan tak meningkat, tapi jika kamu membuaka 2 usaha sekaligus maka uangmu akan semakin meningkat, kalo kamu ingin uangmu meningkat kuncinya adalah tinggalkan kesenangan sejenak dan lakukan usaha lain.

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s