manfaat yogurt


Yogurt merupakan susu yang telah difermentasi oleh bakteri (starter) Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Kebanyakan masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa yogurt adalah minuman basi yang tidak enak. Padahal justru yagurt banyak membantu membunuh bakteri jahat yang ada dalam tubuh kita. Karena sebenarnya dalam tubuh manusia ada bakteri jahat dan yang berguna bagi tubuh. Seseorang yang mengalami diare sesaat setelah minum susu justru disarankan untuk minum yogurt, karena bakteri dalam yogurt mampu memecah laktosa dengan baik.

Proses fermentasi yang terjadi pada yogurt dapat menambah kandungan gizinya. Yogurt menjadi lebih kaya protein, vitamin, dan asam folat. Selain itu yogurt juga mengandung riboflavin, kalsium serta fosfor.
Adapun manfaat minum yogurt diantaranya ialah menurunkan kadar kholesterol dalam darah hingga 27-38%, menghambat tumbuhnya bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit, menetralisir antibiotik dalam tubuh, anti kanker saluran cerna, mencegah jantung koroner dan membantu penyembuhan infeksi saluran kencing.
Setelah mengetahui banyak keunggulan yang dimiliki yogurt, alangkah meruginya jika kita tidak mengkonsumsinya.

Manfaat Yoghurt :

1. Menyehatkan pencernaan
Berdasarkan hasil penelitian, yoghurt dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, radang usus, kanker usus atau intoleransi laktosa.

2. Mengurangi risiko terjadinya infeksi pada vagina
Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur.

3. Menurunkan risiko darah tinggi
Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

4. Mencegah osteoporosis
Karena berbahan dasar susu, maka dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini dapat membentu seseorang terkena osteoporosis.

5. Membantu kita lebih kenyang
Kandungan kalori yang terdapat dalam yoghurt manjadikan yoghurt makanan yang dapat membantu sesorang merasa lebih kenyang.

Penelitian Yoghurt :

Penelitian di Amerika baru-baru ini menyebutkan bahwa yogurt sangat bermanfaat dalam sistem pencernaan. Khususnya, mengatasi berbagai gangguan cerna, mulai dari yang sederhana sampai diare, atau Iaktosa intoleran. Ada beberapa alasan lain yang menyebutkan keuntungan mengkonsumsi makanan sehat ini, antara lain:

Anda yang tidak tahan Iaktosa atau lactose-intolerant, bisa mengkonsumsi yogurt. Tidak hanya karena 30% laktosa claim susu sudah dipecah, tapi juga karena bakteri menyehatkan yang ditambahkan dalam yogurt menghasilkan enzim yang juga berfungsi memecah Iaktosa. Yogurt memperbaiki kerja usus dan mempercepat proses makanan dalam tubuh. Yogurt yang mengandung bakteri hidup mampu mengatasi masalah diare pada anak-anak.

Penyerapan kalsium dalam yogurt lebih haik dibandingkan pada susu. Hal ini disebahkan karena sifat asam dalam yogurt memperbaiki penyerapan. Yogurt merupakan salah saw prosuk susu yang mampu menghasilkan zat-zat gizi terhaik, seperti protein, riboflavin, vitamin 86, dan vitamin B12.

Fungsi Untuk Penyakit :

Yoghurt dapat juga digunakan sebagai “Pendegradasi kolesterol”

Penelitian pada beberapa orang yang mengonsumsi yoghurt secara teratur dalam jumlah dan waktu tertentu ternyata menunjukkan jumlah kolesterol dalam serum darahnya menurun gan….Ternyata, bakteri asam laktat yang ada dalam yoghurt dapat mendegradasi kolesterol menjadi coprostanol. Coprostanol ini, zat yang tak dapat diserap oleh usus gan. Jadi berkat yoghurt, coprostanol dan sisa kolesterol dikeluarkan bersama-sama PUPUP*.

Bakteri-bakteri yang berperan dalam yoghurt bisa mengubah zat-zat prekarsinogenik (zat-zat pemicu kanker) yang ada dalam saluran pencernaan, hingga mampu menghambat terjadinya KANKER!

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s