membuat kita terlihat terhormat


Saat interview atau pertama kali berinteraksi dengan orang yang baru dikenal, pastinya kita ingin memberikan kesan pertama yang spesial supaya diingat oleh teman bicara. Ada pepatah yang mengatakan first impression determine your image, hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa 90% persepsi orang lain terhadap individu ditentukan dari 4 menit interaksi pertama. Jadi teman-teman bisa bayangkan kalau momen first impression sangat penting menentukan seperti apa hubungan yang akan terbentuk nanti.

Semua orang selalu ingin meninggalkan kesan terbaik tentang dirinya. Namun, tanpa sadar seringkali kesan yang kita berikan tidak tepat misalnya memuji teman bicara berlebihan atau terlalu sombong mempromosikan diri. Saya yakin orang yang tidak belajar ilmu psikologi pun bisa merasakan dan menebak seperti apa karakter teman bicaranya. Apa yang kamu rasakan jika dalam sebuah pertemuan bertemu dengan seseorang yang hanya terus menerus berbicara tentang dirinya, prestasinya, dan segala hal tentang dia. Siapapun yang mendengarkan pasti akan bosan dan ingin pergi jauh-jauh.

Dalam tulisan ini, saya ingin share beberapa tips untuk membangun 1st impression yang terbaik bahkan sebelum kamu berbicara apa-apa, orang lain sudah mendapat kesan bahwa kamu adalah SEORANG PEMENANG. Tips pertama adalah cara kamu berpenampilan dan bergerak, dimulai dari bagaimana cara bersenyum Jadi ketika kamu bertemu seseorang, jangan langsung senyum namun lihat ke wajahnya pause sebentar 1 detik saja lalu senyum, smile a big warm all over your face sampai mata kamu juga ikut tersenyum^_^ Dengan delay sebentar, itu menunjukkan senyuman kamu tulus dan senyuman kamu ditujukkan hanya untuk dia. Selain menghormati dia, kamu juga memberikan kesan bahwa senyum kamu tidak murahan, hehehe..

Tips berikutnya adalah setelah berkenalan pastinya ada perbincangan yang terjadi, nah disini tunjukkan kesan bahwa kamu menghormati dia dengan mengarahkan 100% badan kamu menghadap teman bicara. Hal ini memberikan kesan bahwa kamu memperhatikan dan tertarik ngobrol dengan dia. Tips ketiga adalah mencari topik yang menjadi passion kalian berdua dan kenali dia secara personal dengan tulus. Ketiga hal ini sangat powerful ketika berkenalan dengan teman baru, terutama tips ketiga karena saya pribadi senang berteman jadi saya tidak asal kenalan hanya dengan mengetahui nama dan muka teman bicara, saya tulus ingin mengenal karakternya. So let’s Meet some people, introduce yourself, and make your BEST 1st impression!

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s