5 Tarian Jalanan yang Populer


Gaung Shuffle Dance di kalangan muda, mengantarkan jenis tarian yang awal muasalnya dari Street dance ini jauh lebih dikenal masyarakat perkotaan. Kalau dikategorikan, tarian ini masih menginduk pada genre Rave Dance. Tarian ini berkembang di luar studio tari atau tepatnya di setiap ruang terbuka yang tersedia seperti jalan-jalan, pesta dansa, pesta blok, taman, pekarangan sekolah, dan klub malam. Berikut dipaparkan 5 tarian jalanan yang bergenre Rave Dance, yang digandrungi anak muda:

1. Shuffle Dance

Shuffle dance adalah salah satu jenis tarian yang sedang marak di kalangan anak muda sekarang. Shuffle dance adalah tarian yang menitikberatkan pada gerakan kaki dan tumit sehingga terlihat menempel di lantai, sesuai dengan artinya yaitu menyeret kaki. Selintas tarian ini mirip dengan tarian moon walk milik Michael Jackson namun berbeda. Kata shuffle dance sendiri berasal dari kata Melbourne shuffle. Memang tarian ini lahir di Melbourne Underground Scene, Australia pada tahun 1980an. Mereka yang menarikan gerakan ini disebut shufflers.

2. Jumpstyle

Jumpstyle adalah salah satu bagian dari rave dance yang bergenre musik elektronik yang banyak dimainkan di Eropa, khususnya Belgia, Belanda, Irlandia, Jerman, Prancis utara, dan beberapa bagian di Amerika Serikat, khususnya Indiana. Tarian ini juga disebut Jumpen (“melompat” atau ”melompat”). Jumpstyle mengacu pada gaya musik yang berasal pada tahun 1997 di Belgia, yang kemudian marak dilakukan di Inggris. Captein Ahab, Patrick Jumpen, SpringStil, S-Styl33 dan DJ Twisty, adalah sederet artis yang ikut mempopulerkan tarian ini ke tingkat internasional.

3. Hakken

Hakken adalah jenis rave dance yang berasal dari Belanda. Istilah Hakken diambil dari sublultur Gabber. Tarian ini sangat mirip dengan tarian rakyat eropa dan dianggap suatu bentuk tarian zapateo dengan ciri gerakannya seolah melayang di udara. Di Australia, tarian ini disebut sebagai gabber atau gabbering. Tarian ini terdiri dari langkah-langkah kecil yang cepat mengikuti irama bass drum. Tubuh bagian bawah (panggul) adalah bagian yang paling penting, dengan diikuti menggerkan lengan dan dada juga.

4. Hard Dance

Hard Dance adalah istilah umum yang mengacu pada genre dansa elektronik. Istilah ini biasanya mencakup genre seperti Hard House, Hard NRG, Hard Trance, dan Hardstyle. Asal-usul Hard Dance dimulai di Inggris pada dekade 1990-an, dengan artis-nya seperti Tony De Vit.

5. Liquid and Digit

Liquid and digit adalah jenis tarian gestural, tari interpretif, rave dan urban street dance yang terkadang melibatkan aspek pantomim. Gerakannya menitikberatkan pada gerakan jari-jari si penari yang seolah-olah mengalir seperti air. Asal muasal dari tarian ini tidak diketahui pasti. Namun yang pasti diawali pada tahun 1970-an sampai tahun 1990-an. Tarian ini biasanya diiringi genre musik elektronik dance atau juga tergantung dari selera musik yang melakukannya.

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s