Sisi Lain Tragedi Sukhoi SuperJet 100


dari kemarin gue nyimak berita-berita mengenai Kecelakaan Pesawat Sukhoi Superjet 100. awalnya sih gue ga tertarik, tapi setelah gue baca salah satu berita mengenai spesifikasi pesawatnya dan pramugarinya cantik-cantik, gue langsung semangat menyimak berita sampe hari ini. pesawat sukhoi yang jatuh merupakan pesawat sipil terbaru Rusia dengan berbagai kecanggihan. Bahkan, Sukhoi 100 FN RA36801 merupakan pesawat terbarunya yang aman dan mudah untuk pilot, gue selalu tertarik dalam bidang manufaktur.

mesin pesawat sukhoi didukung mesin SaM146 turbofan baru dan dikembangkan oleh PowerJet dan ini merupakan satu satunya pesawat komersil yang di buat oleh sukhoi, gue salut. kecepatan pesawat ini  0,81 mach (992,29 kilometer per jam) dengan ketinggian terbang maksimum 12,5 kilometer. Sedangkan berat maksimum yang dapat ditahan ketika ‘take-off’ 38.8 ton, 35 ton ketika mendarat, dan berat kosong 9,13 ton. ini merupakan hal yang sempurna menurut gue

bahkan sukhoi  memiliki fitur sistem kontrol elektronik ‘fly-by-wire’ yang dapat menambah dan mengurangi gigi untuk pendaratan, selain sistem rem sebagai kestabilan pesawat ketika menahan berat.

dengan spesifikasi seperti itu gue sangat menyayangkan orang-orang yang menyalahkan pihak sukhoi atau pemerintah. mereka hanya bisa menyalahkan tanpa melihat lebih jauh. itu merupakan pesawat yang canggih bahkan ketika terbang dan mesin matipun tetap akan terbang stabil. jadi sudah di pastikan keamanan adalah hal utama di pesawat tersebut dan kecelakaan itu adalah sebuat ‘kesialan’

dan gue paling miris kemarin lihat berita di salah satu stasiun tv yang mengait ngaitkan perusahaan indonesia yang membeli 12 unit pesawat sukhoi ini katanya ga layak cuma memiliki kantor ruko kecil 2 lantai. apa hubungannya? jadi kalo orang yang beli 12 pesawat sukhoi itu harus punya perusahaan gede gitu? harus punya rumah mewah? itu pemikiran orang yang miskin, orang kaya itu memikirkan aset bukan kesenangan belaka, kalo kita hanya membuat kantor perusahaan besar bagus, ya duitnya habis buat biaya pembangunan kantor tersebut. berfikirlah lebih jauh, berfikirlah seperti orang kaya bukan menyalahkan

nah ada juga yang menyalahkan jalur penerbangan pesawat ini, kenapa tidak seperti jalur biasa? namanya penerbangan demo, Joy flight ya ga harus rute seperti biasa, tujuan utama joy flight adalah melewati beberapa daerah yang menarik untuk di amati dari udara, namanya juga promosi jadi itu penting untuk menyenangkan penumpang di pesawat itu. jadi jangan menyalahkan pilot yang tak melewati rute seperti biasa

pilot menurunkan ketinggian pesawat sampai ketinggian 6000 kaki pasti ada alasannya. mungkin pesawat itu masuk dalam ruang hampa atau kemungkinan yang lain. pesawat secanggih apapun kalo masuk ruang hampa harus berusaha keluar dari situ, karena resikonya sangat besar, kemungkinan pilot menurunkan ketinggian pesawat adalah masuk ruang hampa

intinya jangan pernah menyalahkan pihak apapun, lo itu hanya manusia. manusia tak berhak menyalahkan siapa siapa, tuhan itu lebih dari segalanya. kalo setiap ada masalah lo nyalahin pihak yang berkaitan lo itu termasuk orang yang miskin mental. semua itu merupakan hal yang sudah di tulis oleh tuhan, yang lo harus lakukan adalah merusahan dan menerima.

maaf untuk hari ini gue ga bisa ngelucu, soalnya miris aja lihat sikap orang yang selalu berfikir negatif, bagi anda yang tersinggung ya lo itu orang yang perlu berubah. terimakasih telah membaca ini dan harapan gue kita ga usah menyalahkan siapapun kita cuma berkewajiban mendoakannya. dan paling penting berfikirlah positif akan kejadian apapun

36 thoughts on “Sisi Lain Tragedi Sukhoi SuperJet 100

  1. dua hal:
    pertama kalinya gw liat postingan Fiaz yang gak ada gambar “bagus”nya
    kedua kok kali ini gw gak bisa ketawa ya bacanya?
    (moga segala misteri tentang kecelakaan ini bisa terungkap dengan semestinya….)

  2. saya gak ngerti ttg aerodinamika atw elmu penerbangan atw yg lainnya. tapi yg saya tahu, nyalahin orang tertentu atas suatu musibah yg diluar kemampuan manusia itu bukan tindakan bijak…

  3. Artikel yang menarik, nih! Mengangkat permasalahan yang hangat dari sudut pandang yang berbeda. Saya setuju dengan beberapa argumentai agar tidak mencari-cari kesalahan atau pun menyalahkan orang/ pihak lain, mengenai terjadinya musibah yang menimpa pesawat super canggih SUKHOI SUPERJET 100 di Gunung Salak. Prinsipnya, manusia itu berhak merencana, tapi hanya Tuhan yang berhak menentukan. Wallohua’lam. Semoga anggota keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, kesabaran, keikhlasan, dan kekuatan. Bagi para korban, mendapat ampunan atas segala dosa-dosanya dan mendapat pahala atas amal kebaikannya. Saya, sungguh turut berduka cita. Makasih lho sudah menyempatkan mampir di EKSIS SPENZA. Salam kenal

  4. betul itu gak perlu menyalahkan siapa2.. yang penting sekarang evakuasi berjalan lancar.
    lho jadi kemaren2 ngelucu tho gan?😛 walau postingannya nggak ngelucu, kita sebagai konsumen blog fiazku sukur Alhamdulillah aja…😀

  5. Betul pisan Fiaz…. Turut berduka cita atas kehilangan orang orang terkasih, tercinta, tersayang…… ‘manusia tak berhak menyalahkan siapa siapa, tuhan itu lebih dari segalanya’….. *ingat 20 Mei 2009, I lost my brother, Hercules crash …*

  6. inilah Indonesia, selalu tidak mau menyalahkan satu pihak, selalu mencari kambing hitam, selalu berfikir pendek, selalu tidak mau menanggung akibatnya sendiri… Jika sudah terjadi baru saja ditindak. Negara ini memang harus diberi pelajaran lebih dari perisitiwa-peristiwa yang sudah terjadi selama ini. Semoga TRAGEDI SUKHOI menjadi salah satu pelajaran untuk negeri ini dalam memajukan apa yang sebenarnya harus “DIBANGUN”.

  7. kalo ga salah fly-by-wire teknologi F1 dan MotoGp teknologi gas tanpa kabel/ kawat penarik throttle yg di atur ECM untuk mengatur kinerja buka-tutup throttle agar keluarnya tenaga sesuai dengan kondisi yg ada saat itu dan juga bisa memperingan kinerja mesin, gile berarti sukhoi satu-satunya transportasi umum yg make teknologi ini tapi kalo ga salah teknologi ini belum sempurna bahkan di motogp aja yg udah lama make ini sistem masih sering error

  8. bagus, setiap manusia harus bisa mengambil hikmah dari musibah yang dialaminya,dan jangan saling menyalahkan dulu sebelum tahu kepastiannya…..

  9. ternyata masih ada orang yang berpikir positif dan mencari hikmah dari apa yang telah disiratkan oleh tuhan kepada manusia…. jika manusia indonesia kaya lo semua mungkin bangsa ini akan maju,gue setuju kita jangan saling menyalahkan mengapa pesawat super canggih ini bisa jatuh mendingan kita mensuport korban dan mendoakan korban and keluarga yg ditinggalkannya

  10. sahabat fiaz, ane setuju dengan cara pandang ente soal permasalahan salah menyalahkan, tp ane sedikit banyak gak setuju dengan cara pandang terhadap orang2 miskin, mungkin g penting untuk dibahas tp cukup menggelitik aja jika ada orang berpikiran orang miskin tidak bisa berpikiran positif dan bagi ane bukan hanya orang kaya aja yang bisa, toch banyak orang miskin berpikiran positif dan akhirnya sukses, bahkan menurut ane orang yang dulunya miskin lalu sukses akan jauh lebih bijaksana ketimbang orang yang sejak lahir dah punya warisan bajibun,
    secara tidak langsung ente malah ikut2an menyalahkan orang (dlm hal ini org miskin karena g bisa berpikiran positif he he he) padahal ente mengajak orang buat tidak menyalahkan orang atau siapa2, ane harap apa yang ane blg tidak membuat sahabat fiaz ini tersinggung…!

      • ane dah membacanya bahkan sudah sgt jelas, dan menurut ane bagus karena sangat jelas dan menguasai khususnya dibagian aerodinamika, cuma ada ini ane copas “dan gue paling miris kemarin lihat berita di salah satu stasiun tv yang mengait ngaitkan perusahaan indonesia yang membeli 12 unit pesawat sukhoi ini katanya ga layak cuma memiliki kantor ruko kecil 2 lantai. apa hubungannya? jadi kalo orang yang beli 12 pesawat sukhoi itu harus punya perusahaan gede gitu? harus punya rumah mewah? itu pemikiran orang yang miskin, orang kaya itu memikirkan aset bukan kesenangan belaka, kalo kita hanya membuat kantor perusahaan besar bagus, ya duitnya habis buat biaya pembangunan kantor tersebut. berfikirlah lebih jauh, berfikirlah seperti orang kaya bukan menyalahkan” dibab ini ente mengatakan pemikiran seperti (…..)itu pemikiran orang yang miskin, dan orang kaya itu memikirkan aset bukan kesenangan, jadi dengan kata lain orang miskin memikirkan kesenangan?(duit aja dia g punya gmana mau senang he he) bukannya orang kaya yang mikirnya senang2 dan orang miskin cukup dengar kata senang aja dah senang (pengalaman jadi orang miskin, sampai sekarang tetap miskin he he) tapi apapun itu sahabat fiaz anda orang yg kritis melihat sesuatu yang ada disekitar anda, dah ah dah ngantuk..🙂

      • Kok lu belum paham juga sih, ‘pemikiran orang yg miskin’ dan ‘orang miskin’ itu maksudnya beda jauh, coba deh berfikir lebih dalam

  11. gue tertarik dengan kata2:
    “itu pemikiran orang miskin, orang kaya itu memikirkan aset bukan kesenangan” xixixixi Ok bro makasih sudah mampir ini kunjunga balasan.. salam kritis.

  12. Hallo fiaz, sejak anda berkomentar bahwa tulisan saya “awesome” saya sering berpikir siapakah Fiaz itu, maksud saya dia ini lain-dari yang lain, maksud saya dia mampu melihat apa yang tidak dilihat orang , mampu melihat apa yang terlewatkan. . Yang saya kurang senang hanya satu yaitu mengapa gambar anda seperti kumpulan kaleng bekas , tidak ganteng, tidak cantik (Hehehehehe sorry ya jang kakek mah suka wajah asli bukan kaleng bekas oli )
    salam dari oldman Bintang Rina

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s