Plagiarisme Indonesia


plagiarisme ternyata sekarang begitu membudaya di indonesia. sampe gue heran kenapa mereka hanya mencontoh tidak merubah atau mencuri idenya terus di rubah sesuai dengan budaya kita. sebodoh itu kah orang indonesia?

sebenernya orang indonesia itu pinter pinter lho, iya catet ‘pinter’. mungkin dari pinter ini lah yang menyebabkan plagiatrisme atau penjiplakan begitu merajalela. apalagi akhir akhir 2011 lalu yang begitu banyak boyband dan grilband yang meniru korea. begitu dangkal pemikiran mereka. boleh mereka meniru gayanya lah, atau apapun. namun jangan mentah mentah di cerna, curi ide tersebut modifikasi dan sesuaikan dengan budaya kita pasti jadi trend baru. buat cowok indonesia ga usah lah kalian niru niru fashion ala korea, muka kalian itu indonesia banget, kalian bukan tambah ganteng tapi malah kayak orang gila kena badai topan.

sayangnya mereka itu hanya melihat dari 1 hal saja, coba kalo mereka cari banyak referensi gue jamin ga akan ada yang namanya plagiarisme. mereka akan membuat trend baru dan udah pasti masyarakatpun akan terbuka lebar untuk menerimanya

di indonesia gue cuma suka 3 hal dalam musik. 1. gue suka lagu lagu lama, sederhana, enak di denger beda dengan lagu modern yang begitu keluar booming jarak 1 bulan udah ga ada lagi. 2. gue suka Shiela On 7, nada nadanya itu sederhana banget dari dulu sampe sekarang dia tetep mengusung kesederhanaan salut deh pokoknya 3. Naif, entah kenapa setiap lagunya gue suka, banyak orang yang bilang norak tapi lagunya itu ciri khas banget, ga banyak orang yang mengusung tema kayak gitu. gue sih berharap orang yang bermain musik belajar ke mereka, bukan ke dukun trus minta albumnya biar laris

kalo dari luar suka banget sama the beatles, entah kenapa seru aja gitu. kalo plagiarisme dalam kepenulisan? ada juga sih, tapi kemungkinan mereka baru belajar dalam tulis menulis, maklum sih emang awal awal pasti seperti itu tapi nanti kalo jam terbangnya tinggi pasti nemuin ritme tulisannya sendiri. beda jauh sama musisi, kalo musisi di gilai banyak wanita. kalo penulis boro boro di gilain boker aja susah

gue berharap indonesia punya generasi ‘cerdas’ bukan ‘pintar’ dan pemuda yang asli indonesia cobalah untuk melestarikan budaya kalian, malu lah kalo kalian cuma meniru budaya asing.

19 thoughts on “Plagiarisme Indonesia

  1. SKSD dan JuJu. SKtuJU sama pemikiranmu Fiaz. Saya sukanya lagu lagu Bondan, membuat saya ter motivasi. Dan untuk di luar pribumi saya suka Greenday unik. Udah itu aja yg lain nya cuma sampingan.

  2. iya oldies selalu lebih baik.. SO7 emang keren. lirik2nya nyastra, gak ‘murahan’.
    mungkin banyak band2 indie di indo yang unik2 dan bagus tapi tetap aja yang muncul di tv adalah yang cheesy, yang melayu2 (itu pun ikut2an band2 melayu yang lebih dulu ada), cuma biar laku di pasaran. tv2 pun make mereka cuma pas lagi awal2nya aja, biar ratingnya tetep stabil. kalo udah gak laku cari artis baru. it’s all business.

  3. Good morning…enjoy your sites. However, must copy and paste in a translator site to read. You may have many who need this feature; you can get a free translator button for your sites from Google. Thanks, and have a great day. ajm

  4. klo mnrt ane sih yg nama’a plagiarisme ni susah jg dibuktikn’a. krn ktka ada seseorang yg mnemukan satu ide kreatif, tanpa disadari juga ide kreatif itu mncul dr ilmu dan info si pencetus ide itu sndiri. yg mna info dn ilmu’a tu dia dpt dr hasil mlihat dan meniru lingkungn skitar. cm trlihat beda krn dia mnggabungkn bbrpa ide shingga mnjadi satu hal yg bru. tp mau tdk mau, bbrpa bgian dr ide itu juga pst mrupkn hasil dr plagiarism. itu mnrt ane sih,

  5. Dari plagiarisme dalam penulisan sampe kaya hidup, musik.
    klo musik aku lebih ama band Slank dan Padi, pokonya dua bank Indonesia ini favorite ku titik

  6. ga terlalu nyimak lagi musik di indonesia yang jadi mainstream karena justru aneh2 dan ga masuk selera… tapi banyak kok musik indie yang justru menawarkan musik bagus dan keragaman🙂

    intinya sih emang yang ga original itu kurang oke… meniru boleh, tapi harusnya bisa juga buat modifikasi biar ga keliatan banget nirunya :p

  7. Hahaha, setuju berat bro. dimulai dari diri sendiri dulu kali ya, saya juga berusaha sebisa mungkin berkarya mandiri, gak plagiat apalagi nyuri karya orang lain ^_^b

  8. “muka kalian itu indonesia banget, kalian bukan tambah ganteng tapi malah kayak orang gila kena badai topan” senyum-senyum baca bagian ini :))
    setujaaa!! kebetulan gue kpoper, dan agak risih sebenernya ngeliat artis kita yang pada latah ngikut budaya sana. kalo gak salah, di korea sana musik jadi salah satu devisa terbesar mereka. soalnya mereka gak cuma jual musik, tp juga kebudayaan. sayangnya indonesia gak ngikut bagian yang itu.
    anyway, jadi kangen sheila on 7. gaaah naif emang gak ada matinya!
    hidup musik dalam negri!

Beri Masukan Tulisan gue ini

