Komunikasi yang Baik


kemarin di post Wisata Jogja, kepulanganku gue janji nyeritain orang orang yang gue temui. tapi kayaknya lebih baik gue jelasin cara komunikasi aja ya? kan banyak tuh orang yang ga bisa ngomong dengan orang asing.

selama gue hidup di dunia ini selalu di beri kemudahan kemudahan tersendiri karena komunikasi. gue hidup bukan dari keluarga yang kaya, namun dari kecil ke besar. semua dari titik nol. gue inget ketika masih kecil beli baju aja susah, tapi sekarang mau langsung beli 10 pasang baju tinggal gesek. itu semua karena bokap gue punya rahasia kekayaan, gue ga pernah di ajari secara langsung namun dengan berbagai proses yang tanpa gue sadari.

gue belajar bagaimana bokap gue menghadapi orang kecil, bagaimana dia berbicara dengan orang besar. bagaimana dia selalu di permudah dalam suatu apapun. kuncinya cuma 1 : komunikasi.

manusia itu egois, itu adalah hal yang harus kita garis bawahi dengan hal tersebut kita akan mendapatkan segalanya. kalo kamu ingin jadi orang besar jadilah pendengar yang baik, gue hampir setiap minggu denger orang yang curhat sambil nangis nangis di depan bokap gue, tapi bokap selalu diam dan memberi tanggapan sedikit. anehnya masalahpun beres, orang itu bahkan sering mengirim berbagai macam parcel ke rumah gue

masih bingung sama keterangan di atas? intinya kalo kamu ingin jadi orang besar tariklah pembicaraan orang lain, orang lain itu cenderung membicarakan tentang dirinya. jangan pernah kalian membicarakan kelebihan keliebihan diri kalian di hadapan orang lain mereka tak berminat sama sekali, mereka akan merasa bosan dan menjauhi diri kalian.

beda lagi kalo kalian mendengarkan dengan serius dan tersenyum ketika mereka berbicara. mereka akan senang dengan kalian, kalian akan di anggap orang yang sempurna. hubungan kalian akan semakin dekat bahkan akan selalu di beri kemudahan jika terjadi masalah pada kalian.

jadilah pendengar yang baik, tarik minat orang itu untuk membicarakan diri mereka. kalian akan mendapatkan kelebihan kelebihan yang dimiliki orang itu. gue pernah bicara sama pengusaha dari batam namanya bapak neddy walaupun baru ngobrol 1 jam dia nyaman dan gue pun diberi kunci hotel bintang 5 untuk tinggal selama 2 hari.

bukan itu aja gue juga dapet berbagai macam kelebihan. bokap gue bisa sekaya sekarang karena dia tau bagaimana prinsip kekayaan berjalan. kalo pingin seperti itu janganlah jadi orang yang egois biasakan untuk menjadi pendengar yang baik. tingkatkan kwalitas diri kalian, terutama tentang berbagai ilmu, semakin banyak ilmu yang kalian punya semakin nyambung utuk ngobrol sama orang orang besar.

jangan pernah membicarakan diri kita di hadapan orang lain. itu sangat membosankan. jika kalian bingung bagaimana cara memulai pembicaraan cukup sapa dengan ‘hi’ dan pembicaraan pun akan mengalir begitu saja. namun jika kwalitas diri kalian itu udah tinggi orang lain yang akan memulai pembicaraan tanpa anda mulai. semakin tinggi ilmu kalian semakin banyak orang besar berbicara dengan kalian.

belajarlah untuk menghormati orang lain dan berbicaralah apa adanya. mungkin bicara apa adanya memang menyakitkan tapi ada kelebihan tersendiri yang nantinya membuka jalan kemudahan. intinya untuk menjadi orang besar adalah menarik pembicaraan orang lain tanpa membicarakan diri kita sendiri kecuali diminta.

8 thoughts on “Komunikasi yang Baik

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s