Bicara Tor-Tor


dangkalnya pemikiran orang indonesia.

akhir akhir ini kan rame masalah tentang tari tor tor dan gondang sambilan yang mau di klaim malaysia. banyak orang yang marah marah ga jelas di sisi lain gue banyak terimakasih sama malaysia, coba kalo ga ada masalah ini pasti orang ga tau apa itu tarian tortor ataupun gondang sambilan

seperti juga kasus batik yang mau di klaim malaysia dulu, sekarang kalian lihatkan banyak orang yang make batik. gara garanya malaysia mengingatkan budaya kita dengan cara mau mengklaim. sayangnya banyak orang itu selalu berfikir negatif di setiap masalah, ga tau masalah sebenernya eh ikut ikutan marah. bahkan gue sempet baca berita kemarin ada anggota DPR yang ikut marah marah ‘bodoh’. sebenernya itu cuma isu bohong belaka, cuma karena orang indonesia itu malas mencari informasi, ya taunya cuma tarian itu mau di klaim malaysia

sebenernya itu cuma kesalah pahaman, maksud malaysia itu cuma mencatat warisan budaya orang mandaling malaysia, yang asal usul mandaling sendiri asalnya dari sumatra utara, indonesia. jadi intinya Akta warisan kebangsaan tersebut hanya mencatat asal-usul dan bukan untuk mengklaim bahwa budaya Mandailing berasal dari Malaysia.

orang malaysia berpendapat  bahwa seharusnya budaya tersebut diangkat sama tinggi dengan budaya-budaya Indonesia yang sudah lama ada di Malaysia, seperti budaya Jawa, Minang, ataupun Bugis. nah sadar kan di indonesia sandiri udah mulai pudar budaya kentalnya? mau di angkat oleh malaysia eh ga boleh malah marah marah, bodoh banget kan. padahal itu maksudnya cuma mengingatkan bahwa indonesia itu kaya budaya dan jangan pernah di lupakan. kurang jelas bisa baca ini (klik)

sayang banget terlalu rendah pemikiran itu, coba deh buka pikiran jangan berfikir 1 arah doang. jangan banyak nonton sinetron tv itu cuma acara acara pembodohan mending baca buku atau apapun. gali sisi positif di setiap masalah yang di hadapi. bukan kah indonesia ingin menjadi negara maju?

bukan dengan cara marah marah ke negara malaysia yang semakin memperparah keadaan. coba ambil positifnya malaysia itu baik kok untuk selalu mengingatkan budaya kita, tapi justru orang indonesia sendiri yang melupakan hal itu.

gue bukan orang yang tau seluk beluk budaya indonesia, gue bukan orang yang selalu tau apa itu indonesia. tapi gue cuma mau mengingatkan kalian akan sisi positif di setiap masalah yang kebanyakan orang ‘tak mengungkapnya’.

14 thoughts on “Bicara Tor-Tor

  1. Setuju ama pemikiran dan tulisan diatas…
    Banyak orang mudah terprovokasi. Intinya sebenernya bagaimana kita melestarikan budaya sendiri. Jadi kebiasaan dan ga jadi pembelajaran bagi masyarakatnya juga pemerintahnya. Pdhl dulu pernah ada kejadian batik seperti yg disebutkan diatas.
    Saya malah dukung Malaysia utk claim semua budaya Indonesia kalau perlu, biar masyarakat plus pemerintah lbh sadar diri.

  2. Setuju banget yaz. Sebagian masyarakat Indonesia kok ya mudah bener terprovokasi. Yang paling bikin sedih, malah saling caci maki sana sini😦

    Indonesia dan Malaysia berantem, yg seneng adalaaaaah… *sigh*

  3. Sebenarnya kalo malaysia mengklaim budaya kita, itu menandakan bahwa kita sementara tertidur.., tapi anehnya kalo pejabat kita banyak mengklaim aset rakyat sendiri alias korup malah jadi budaya berjamaah.., hai sahabatku…biarin aja Malaysia main klaim , ntar kalo sudah lengkap klaimnya…, kita klaim aja malaysia sekalian menjadi salah satu provinsi NKRI..

  4. Banyak blog yg mbahas ini, ane setuju , bahwa indonesia memang rada sewot(termasuk ane juga).rada egois…, kenapa tidak?? “kita punya sesuatu tpi tidak di rawat dan di jaga. Giliran orang lain jaga marah2. ”

    itu punya saya itu….!!
    nh loh, ngapain marah2…waduh, memang susah warga kita ini…
    “ibarat ibu punya anak di biar saja, setelah di aku orang lain, karna anak itu barharga. baru ngaku ibu”
    capech dech….:-)

  5. duh! jadi malu sama diri sendiri abis baca postingan ini… sering mengumpat pada negara malaysia tapi doyan banget naik pesawat murah dari maskapai penerbangan mereka😉

  6. He..he…bagus Gan ulasannya….suka ga suka, itu wajah kebanyakan masyarakat kita termasuk media massa yang senang memprovokasi…..mudah-mudahan kita tetap menggunakan pikiran jernih & akal sehat dalam menghadapi masalah.Sukses Gan

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s