Wajib Bagi Blogger


Akhir akhir ini gue nemuin blog blog baru buanyak banget, eh.. blog gue juga masih baru kok. Blog baru yang gue baca macem macem isinya mulai dari bahas makanan sampe esek esek <– gue suka juga sih, xixi

Mungkin untuk awal awal ngeblog kita bingung mau ngisi apa tuh blog, gue juga gitu dulu awal awal ngeblog masih di blogspot juga bingung ngisi apa akhirnya copas sana copas sini. Gue juga sering baca bloggers di wordpress yang masih copas but ga masalah emang awal awal jadi blogger kebanyakan copas.

Tapi coba deh pikir ulang kalo cuma ngopas, ilmu kita cuma itu itu aja, ga lebih. Jadi dari pada copas mending kita curi itu ilmu terus di sesuaikan dengan diri kita akhirnya jadi deh pemikiran yang baru untuk di tulis.

Masalah kwalitas tulisan jangan minder, semua orang pasti punya gaya tulis sendiri. Ketika kalian blogwalking pasti nemuin banyak banget karakter tulisan, memang tuhan adil jadi antara satu dengan yang lain tak ada yang sama bahkan orang kembar juga ga mungkin mirip banget apalagi kalo di beliin daleman sama pasti ga suka.

Tulis aja sesuai dengan keinginan kalian ga usah peduli kata orang lain, harus bagus lah harus sesuai EYD lah, kalo kalian cuma fokus sama hal itu pasti kalian malah malas untuk nulis.

Apalagi orang yang yang mempermasalahkan kwalitas tulisan ‘Eh itu blognya si Anu bagus sih tapi EYD nya parah’ pasti orang yang bilang gitu dia terlalu takut akan hal baru. padahal hal baru itu menyenangkan, ga usah lah kita mempersalahkan orang yang tulisannya ga sesuai EYD , tulisannya jelek lah. kalo ga suka ya ga usah baca, udah cukupkan!.

Blogger juga seniman lho jangan salah menilai tulisan orang lain mereka itu punya gaya tersendiri mereka itu cuma pengen orang tau ‘Ini lho saya yang asli’

tapi kalo kalian di minta untuk memberi kritik ya silahkan kritik sejelek jeleknya. kenapa? biar si penulis tau gimana sisi lain dari pembaca.

Mulai sekarang tulis aja apa yang kalian ketahui apa yang ingin kalian tulis, kalo kalian mau jadi penulis besar ga usah takut tulisan jelek.

Gue sebagai Blogger sering dapet kritik karya gue ga mutu lah karya gue sampah lah. Fine, gue setuju dengan mereka soalnya gue masih belajar. Tapi gue sering baca di blog lain yang tulisan di blog itu di kritik eh si empunya blog nangepi ‘coba lu bukin tulisan, bisa lebih baik ga?’ ย sumpah itu si empunya blog bodo banget, si pembaca kan ya pembaca bukan penulis, ga semua pembaca itu penulis mereka cuma mengungkapkan apa yang mereka baca, kenapa malah di tantang suruh buat artikel?

coba deh gue ini sebagai blogger yang lumayan lama, terus ada yang mengkritik blog gue. Pantas ga gue marah ke pembaca, yang pembaca sendiri belum pernah nulis? ‘Ga Pantes’ gue tau pembaca gue hanya pembaca aja. jadi ya anggep sebagai penyemangat kita untuk nulis lebih lagi, bukan malah balik marahin si pembaca. Kalo lo pikir yang boleh ngritik karya lo cuma orang yang ahli, gile aja lo di dunia ini cuma sedikit yang ahli jadi dengarkan mereka bukan balik mencerca.

So. Sebagai blogger jadi lah penulis yang menurut kalian terbaik bukan mengukur dari orang lain. Siapkan hati untuk menerima kritik sejelek jeleknya, soalnya dunia ini kejam sekejam lo kalo ga punya pacar (*huaaa… jadi inget, kapan gue punya pacar…)

27 thoughts on “Wajib Bagi Blogger

  1. Inspiratif sekali Dek Fiaz…. *ditabok manggil Dek*๐Ÿ˜†

    Yap sepakat, daripada copas sana sini mending juga nulis apapun. Proses menulis itu melibatkan pikiran, telaah, dan kreatifitas. Ga harus tulisan serius kok….

    Jadi, jangan berhenti buat nuliiiiis๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

  2. Betul sobat. Masalah nulis menurut saya juga bebas. Terserah mau nulis apa. Ngga suka, tinggal ngga usah mbaca, beres.
    Masalah kritik, aku pripadi nulis di blog, koment nya pujian mulu. Jujur (bukan berarti biar keliahatan rendah hati), daripada di puji yang bikin saya jadi melambung tinggi lupa daratan, mending di kritik, bila perlu dihina, paling tidak, bisa buat tantangan menulis lebih baik lagi. Kalau cuma di puji, kapan majunya coba?

  3. glek..glek malah kepikiran pengen punya pacar.๐Ÿ˜†
    aku setuju sama pendapatmu!gue suka namanya kebebasan apalagi kebebasan menulis.gue ngga suka diatur apalagi kalau gue nulis

  4. …..”dari pada copas mending kita curi itu ilmu terus di sesuaikan dengan diri kita akhirnya jadi deh pemikiran yang baru untuk di tulis”…——-> Neng pisaaaaannnnn ini mahhh๐Ÿ™‚ Tosssss dulu ahhhh…๐Ÿ™‚

  5. betul banget yaz. sama kayak misalnya orang mengkritik boyband, sinetron atau acara2 lokal lainnya yang dianggap kurang bagus. yang mengkritik itu cuma konsumen yang pengen liat sesuatu yang bagus dan layak ditonton, bukan berarti langsung ditantang bisa nggak lebih baik dari yang dikritik. sori jadi OOT, tapi intinya gitulah. sebagai blogger kita harus tetap belajar ngeblog dengan lebih baik. yuuk.๐Ÿ˜›

  6. kalo sadar ga bisa nulis kayak gw..nge blog hanya belajar buat sharing pengalaman aja atau sekedar mengekspresikan apa yang ada di pikiran sih..siap di kritik apapun..inspiring tulisannya om..salam kenal!๐Ÿ™‚

  7. I don’t know what this says, but you stopped by my site and I wanted to show you some love. I am sure your writing is as beautiful as the pictures you have posted.

    Blissful Love, Nicki G. The Blissful Wife

  8. Wah mantaf gan. Hal hal yang seperti ini seperti “barang baru”: buat saya, yang masih awam banged dalam blogging. Izin sedot ya gan. Mantaaaaaaaaaaaaaafs makyus mamen

  9. tulisannya dalem banget nih.. sampai terharu bacanya #apa yang ditangisi coba? *plakk!
    kalau tulisan kita dikritik harusnya kita harus sadar akan kekurangan kita dan mencoba untuk menjadi lebih baik lagi.. by the way SEMANGAT!!๐Ÿ˜€

Beri Masukan Tulisan gue ini

