Untuk Calon Mahasiswa


Yang lulus SNMPTN selamat ya… salut deh sama kesuksesan kalian gue ga bisa bayangin bagaimana proses kalian belajar mati matian untuk mendapatkan univ terbaik, apalagi yang pake biaya untuk les. Sana sujud sungkem dulu sama bokap nyokap.

Bagi yang belum lulus, bersyukur lah. Jangan sedih tuhan memberi jalan yang terbaik kok buat kalian, mungkin emang orang tua kalian belum setuju sama univ yang kalian pilih jadinya ya tuhan juga ga mengabulkan. PTS juga masih banyak kok, jangan nganggep remeh PTS, semua perguruan tinggi itu sama aja kok ujung ujungnya kesuksesan juga tergantung kepada kita bukan univ kita tersebut.

Gue juga di PTS lho, tapi gue bangga banget malahan. Universitas yang baik untuk kita adalah univ yang kalian sebutkan dengan bangga, gue selalu bangga kalo ada orang yang tanya ‘Fiaz lo kuliah di mana?’ . Dan gue pasti ngejawab dengan senyum kebanggaan ‘Di ‘Telkom dong’ semesta pun tersenyum indah untuk hati gue. Apalagi biasanya PTS akan memberikan fasilitas yang lebih untuk mahasiswanya, mulai dari peralatan sampe yang lain lain, iya gue di telkom juga dapet laptop, dapet asuransi kesehatan, dapet apartemen dan masih banyak yang lain. Walaupun biaya persemester memang mahal.

Beda sama PTN biasanya peralatan bukan yang ‘Wah’ lagi, tapi tetep perbedaan yang mendasar PTN akan mendapatkan biaya persemester yang murah tapi kalo biaya pertama masuk setara kok antara PTN dan PTS. Jadi memang ada sisi Beruntung dan Untung. Bagi yang belum lolos jangan kecil hati bangga lah kalian mau sekolah PTS dengan fasilitas lebih.

Tapi gue mau nebak deh, kalian sebelum pengumuman tadi malam udah ngerasakan? entah ada yang ngerasa gembira karena lulus ada yang ngerasa enggak enak. Gue jamin yang merasa enggak lulus emang lebih dominan, dan emang bener terjadi. Nah itu tandanya tuhan emang memberitahu kita untuk mencari yang lain sebelum bener bener kecewa.

Dulu gue pernah kecewa, bukan dulu banget sih pokoknya pas ada jalur undangan tahun ini lah, lupa gue bulan apa sekitar maret mungkin. Nah gue kan waktu itu emang udah di terima di telkom, dan satu satunya murid di sekolah gue yang udah dapet Univ emang gue doang. Sisi lain emang bangga tapi gue tetep pengen banget masuk ITB. Ikut deh gue nyoba nyoba Jalur undangan, tapi apa? guru  ga ngebolehin gue ngikutin jalur undangan, padahal nilai gue juga layak banget. Gue tanya alasannya karena gue udah di terima di univ, gue marah banget lah itu kan cuma PTS dan jalur undangan juga terbuka untuk semua siswa yang nilainya layak. Semakin gue marah semakin ga di bukain jalan. Lama lama gue sadar mungkin emang tuhan memilihkan gue yang terbaik, gue yang suka fasilitas lengkap, gue ga suka sekolah sekolah negeri dengan berbagai aturan aneh akhirnya tetep deh tuh PTS telkom gue ambil.

Dalam hati gue ga pernah nyesel ga di bolehin ke ITB tapi gue bersyukur tuhan emang udah memberi jalan yang terbaik. Gue ga nyoba jalur SNMPTN tulis kemarin karena gue emang udah yakin di telkom. Mungkin aja gue bulan desember ini nanti di terima di Jepang (semoga) makanya di taruh di PTS atau kemungkinan kemungkinan yang lain yang belum gue ketahui.

Kemarin gue semakin bangga bisa masuk Telkom, ternyata biaya pendaftaran gue paling murah di bandingkan dengan yang ada di PTN maupun jalur penerimaan telkom yang selanjutnya. Gue emang lulus pendaftaran telkom jalur awal jadi emang paling murah dari yang lain. Bahkan kemarin temen sekelas gue juga lulus di telkom jalur terakhir sama persis dengan jurusan yang gue ambil biayanya 2 kali lipat, sumpah tuh biaya kalo di beliin tanah udah dapet 3 kapling kali.

Intinya sih jangan nyerah ya! yang belum dapet kampus negeri, jangan lihat kebelakang lagi. Jalur depan masih harus di cari!

NB. Temen bloggers yang baca ini share pengalaman kalian masuk Univ ya! di komentar bawah ini. biar yang masih sekolah bisa dapet pengalaman berharga.

16 thoughts on “Untuk Calon Mahasiswa

  1. saya dulu juga keterima di Telkom looh😀
    terus nyoba ujian masuk UNAIR jalur PMDK prestasi, kalau sekarang kayak jalur snmptn undangan gitu dan saya keterima di pilihan kedua saya, fisika:mrgreen:
    akkhirnya yang di Telkom dilepas, ga ikut SNMPTN lagi, dan sekarang tahun ketiga di Fisika UNAIR, alhamdulillah lah, walau tertaih-tatih di awal karena sebenarnya sejak SMP pelajaran ini adalah pejaran yang saya selalu remidi, tapi sekarang saya sudah nyaman dengan hubungan saya dengan Fisika:mrgreen:

    sukses di Telkom yaa, bareng sama agung yang blognya popnote itu dong yaa🙂 ?

  2. saya cuma tamatan SMA. kalo mau bilang minder sih udah klise kali ya, tapi saya juga gak bisa bilang bangga sih. apapun kesempatan yang udah saya dapet sampai sekarang, kayak fiaz bilang, Tuhan udah milihin yang terbaik dan yang terpenting adalah apa yang ada di depan. and in the end, i guess everyone deserves for a good life, in many different ways.
    Love,
    Mom😆

  3. BTW fiaz plih jurusan apa??gw dlu snmptn aja gag ditrima??xixixixi…tp sekarang udah mau smt 5 jurusan IT di UMS…sekarang rasanya pengen cepet2 kerja terus ingin rasanya membahagiakan kedua ortu gw..🙂

  4. kuliah sekolah mah kudunya Gratis tis tis… mau PTS ato PTN…

    ngga peduli kampus apa, semua kembali pada kompetensi dan keunikan yang kita punya…😀

  5. hmm, sekarang gue udah mau tahun kedua di salah satu univ terhijau di indonesia…haha
    fak mipa dept biokimia

  6. ini cerita gue pas mau masuk kuliah:
    Gue ikut SMPTN [jaman dulu namanya SPMB]. dulu ketrima pilihan 2 pend. IT Univ. Negeri Malang. Tapi kagak gue ambil. Gue juga ngedaftar dan diterima di STIS [pada gak tau pasti STIS apaan] STIS=Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Bukan PTN maupun PTS tapi PTK [Perguruan Tinggi Kedinasan] sejenis perguruan tinggi dibawah kementerian. Kalau STIS dibawah BPS [Badan Pusat Statistik]. Kenapa gue pilih STIS karena gratis 100%, dapet uang saku pula tiap bulan.. hehehe.. gak nyesel deh gue ninggalin UM dan masuk STIS.
    inpo lengkap liat di http://www.stis.ac.id .

  7. aku mahasiswa telkom tingkat kedua. aku milih telkom karna ga lulus snmptn. sbnernya sampai skrg aku blum bisa nrima kalo aku kuliah di telkom, soalnya msh pngn bgt kuliah di negeri. mgkn sma kyk kakak suka aturan yg aneh2 n ketat. tp mau gmna lagi jalan sdh ditentukan Tuhan

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s