Belajar Malam


Belajar MalamBeda umur beda kegiatan. Terutama kegiatan yang di lakukan malam hari, mulai dari SD, SMP, SMA, Kuliah pasti kegiatannya beda. Gue ngerasain banget perbedaan itu. Untung kelamin gue dari lahir sampe sekarang ga beda. Tetep laki kok

Waktu SD dulu mulai dari sore hari sampe malem kegiatan belajar terus, dan belajar gue pasti di dampingi orang tua. Gue inget kelas 1 SD semester 1 gue belum bisa baca tulis. Iya gue bodoh, tapi orang tua gue semangat sekali ngajarin gue, sangking semangatnya kuping gue sering di jewer. Guru pun ga bisa ngajarin gue dengan cara-cara normal biar cepet baca tulis. Entah pake metode apa bokap gue bisa ngajarin dengan cerdas cara baca tulis. Alhasil karena gue bisa baca tulis, tiap malem pasti berisik. Naik di atas kursi sambil di lihatin bokap nyokap gue baca dengan kenceng “INI ANI!, INI BUDI!”. Sumpah gue inget suara gue waktu itu kenceng banget, mungkin kalo ada tetangga yang ga sabar besok pagi gue pasti di lemparin panci.

SMP beda lagi, karena smp gue cuma 7 bulan gue tiap malem pasti belajar sungguh-sungguh. Ga di temenin orang tua lagi. Waktu itu karena pindah, semester pertama tinggal 1 bulan. Dan gue ga ngerti sama sekali pelajaran smp, tiap malem belajar semua buku yang di kasih sama sekolah. Belajarnya ga tanggung-tanggung, bahkan ke WC pun gue baca buku. Walaupun di wc lebih menikmati ritualnya daripada belajar. Puji syukur semester pertama nilai gue lumayan bagus. Walaupun 5 besar dari belakang. Orang tua gue memaklumi, soalnya emang gue ga pernah belajar pelajaran umum. Jadi pasti kagok kalo pindah ke smp. Meskipun gue anak baru di situ belum ada 1 bulan udah ada penyemangat, apalagi kalo bukan pacar, dia primadonanya sekolah lagi. Jadi pas gue pacaran sama dia mendadak terkenal, anak baru yang berani pacaran sama bidadari sekolah. Pacar gue adik kelas, di pastikan masih unyu unyu. Sedangkan gue bukan unyu lagi tapi munyuk.

Semester 2 di smp gue malah semakin rajin. Gue harus mempelajari semua pelajaran dari kelas 1 smp. Dan bagi gue itu hal baru semua. Akhirnya gue lulus smp dengan nilai memuaskan. Gue bangga bisa ngejar pelajaran kelas 1 dan 2 tanpa guru. Tapi sayang seiring dengan gue lulus hubungan gue dengan si pacar juga merenggang. Kita berpisah 1 bulan sebelum perpisahan. Gue yakin kita adalah pasangan yang tak pernah di pisahkan oleh perasaan. Saling membekas di hati gue dan dia. Gue tau itu ketika acara perpisahan, dia nyanyiin lagu spesial buat gue di panggung “Why do you love me”. Gue senyum dia senyum, sedih dan hampir aja gue nangis bombay di teriakin temen pula. Sumpah malu-maluin, lebih malu daripada panuan di kaki.

Nah SMA adalah bandel-bandelnya gue, jadi punya rasa males yang keterusan. Kalo SD sama SMP masih rajin belajar. SMA kegiatan itu gue hapus dari undang-undang kesiswaan, gue males belajar. Padahal tiap malem di ingetin nyokap buat belajar. Karena gue anak yang patuh ya gue turutin, masuk kamar buka buku. Tapi bukunya di dobelin sama novel, jadi gue baca novel bukan belajar. Dasar licik. Kalo bosen baca novel smsan sama pacar. Ketika nyokap ngecek gue belajar apa enggak, langsung deh hapenya gue lempar ke kasur. Pernah sangking kencengnya gue lempar malah kena tembok, akhirnya gue ketahuan. Untung ga di marahin nyokap. Tapi besoknya gue merengek sama nyokap buat beliin hape baru eh nyokap malah senyum puas, iya hape gue hancur

Sekarang udah Mahasiswa gue malah semakin rajin. Tiap hari ada tugas, karena hampir tiap hari pulang malem ya ngerjainnya malem. Untung tugas dari dosen itu ga pernah ada yang di suruh tulis tangan, bahkan kayaknya gue kuliah ga perlu bolpoin. Langsung aja tulis di laptop toh kita anak Informatika jadi harus di manfaatin dong semua gadget lagian kita juga dapet laptop gratis dari kampus. Tapi kalo tugasnya bikin program, bisa-bisa semalaman suntuk ga tidur. Otak di kuras buat bikin logika program, belom lagi kalo bahasa pemrograman yang kita tulis kepanjangan. Harus memperpendek, biar efektif di programnya. Kalo gue suruh milih gue ga akan milih belajar bahasa pemrograman gue lebih milih belajar bahasa cinta. Ada istilah cinta monyet, berarti gue belajar bahasa monyet

22 thoughts on “Belajar Malam

  1. Ntar kalo udah masuk dunia kerja beda lagi keadaannya :p
    yang zaman sekolah dan kuliah begadang adalah hal yang lumrah, ntar kalo udah kerja boro2 begadang jam 10 mlm udah kriyep2 matanya😀

  2. kalau masa SMA rata2 emang gitu kayaknya… masa2 agak2 nyeleneh.. hihihi.. katanya belajar, ternyata ada udang eh novel di balik buku. Kalau mahasiswa biasanya balik jadi rajin dan tambah serius lagi, karena udah makin ada tanggung jawab, apalagi kan kedepannya udah kepikiran buat kerja trus merit, udah mupeng pengen merit kan? hahahahahahaha…. btw domain-nya keren juga nih, trus mau nanya, pasang banner vemale dot com, dapat bayaran ga dari vemale?? maaf ya nanyanya terlalu sopan hihihihi…

  3. hahaha…. belajar itu suck! tapi habis belajar itu menyenangkan. Ah lo bikin gue rada tersentil. soalnya gw lagi ngambek belajar huhuhuhu

  4. ntar misalnya udah masuk dunia kerja beda lagi, duduk sampe malam di depan komputer. bukan karena sedang belajar tapi sedang ngerjain tugas yang dikasih oleh atasan dan harus selesai hari itu juga. enaknya kita lembur trus menghasilkan uang😀

  5. sampe esema, daku masih kog belajar bareng ortu.. mama jago biologi, babe jago matematika fisika kimia..
    baru kuliah belajar sendiri.. dan ga pernah nakal loh.. anak baikbaik deh.. anak yang bosenin ya..

    semoga lancar jaya belajarnya ya..

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s