Pelatihan Project


Pelatihan ProjectBelum genap 2 minggu gue udah bolos kuliah 3 hari berturut-turut. Bolos gue ada sebabnya, bukan karena sakit, apalagi bolos karena ketangkap satpol PP. Lu kira gue cowok apaan

Hari selasa kemaren ada temen main ke kamar, trus dia cerita di kampus lagi ada project dari telkom. Dan hari itu juga project di tutup jam 5 sore. Karena projectnya menarik gue tetep maksain daftar padahal itu udah kelewat jam 6, untung daftarnya online jadi ga perlu susah-susah dandan. Lagian kalo sore menjelang malem dandan, gue malah di kira mau mangkal

Dengan harap-harap cemas gue ngirim nama lengkap sama nomor hape, temen sekelas gue chandra juga ikutan. Chandra ini temen di kelas gue yang baru, kita sih dari semester 1 udah kenal, soalnya sama-sama tinggal di lantai 20. Entah kenapa kita punya kedekatan tersendiri, kalo udah jalan berdua orang lain pasti heran ngelihat kita ketawa-ketawa lepas bahkan sering bikin orang lain ketawa padahal mah ga pernah ngelucu mungkin karena muka kita sama-sama mesum kali ya.

Sampe malam hari ga ada balasan di terima atau tidaknya dalam project tersbut. Gue sih ga masalah kalo ga bisa ikut, soalnya itu project gede, pemasangan wifi se-Bandung Raya.

Esoknya seperti biasa masuk pagi dengan hati yang masih melekat pada kasur. Hari Rabu itu jadwalnya kurang ajar, setiap pergantian mata kuliah jeda 2 jam, masuk jam 7 jeda jam 9. Masuk lagi jam 11 jeda jam 1, masuk lagi jam 3 pulang jam 5. Karena gue males balik ke kamar gue ngajak chandra makan di kantin. Niat utamanya sih bukan makan, tapi cuci mata yah kalo enggak nemu cewek cantik minimal mata burem lah

Lagi duduk berdua dan makan (semoga sih bukan di anggep pasangan homo) si zizi temen cewek cantik tapi kurus dateng ikut gabung. Bukannya senyum manis tapi udah cerewet aja kayak bajaj muter-muter. “Eh fiaz tugas pemrograman udah belom?”, “Eh chandra belek kamu gede tuh”, “Eh fiaz ajarin aku pemrograman dong” dan masih banyak “Eh..Eh”nya yang lain. Untung dia ga pernah bilang “Eh fiaz mata kamu lucu deh, sipit. Kayak udel gue”

“Ih ga asik nih, ga asik” kata zizi ke gue sama chandra. Ternyata si david dateng, kita mendadak diem. David sering gue ceritain di blog ini, jadi kalo penasaran cari aja post-post sebelumnya. Kadang gue tulis dengan nama David tapi ada juga sebagian post yang gue samarkan namanya. “Emang kenapa zi sama si David?” tanya gue ketika David udah pergi. Zizi cerita panjang lebar, gue sih udah tau kelakuan david. Tapi demi menghormati ya gue nyimak ceritanya zizi. Dan gue baru tau ternyata david udah nembak zizi 3 kali dan nyaris ga ada yang di terima. Bahkan zizi bilang “David sebelum nembak aja, udah gue tolak!”

Di tengah pembicaraan gue dapet SMS dari nomor getway. Ternyata gue di terima masuk project, chandra pun juga. Seneng bangetkan padahal di project itu cuma 100 orang yang di terima. Gimana ga seneng satu kampus ribuan mahasiswa yang daftar, gue masuk 100 besar. Gue merasa terhormat, gue merasa bangga, gue merasa ganteng di kebun binatang

Lagi seneng-seneng dapet info itu, si zizi masih aja curhat. Sebagai cowok yang baik ya gue dengerin, walaupun gue dengerin sambil ngupil. Jam 1 siang itu juga gue bolos kuliah buat pelatihan di project. Iya gue rasa ini terlalu cepat, baru selasa sore daftar, rabu pagi dapet sms, siangnya langsung masuk pelatihan. Pelatihan project ini ada di lantai dua ruang multimedia. Gue sama chandra sengaja dateng 5 menit lebih awal. Ternyata di dalem udah banyak orang, herannya orang di dalem situ mukanya tua-tua. Iya kebanyakan mahasiswa angkatan lama. Lha gue sama chandra baru juga masuk tahun ini, kalo mereka amit-amit kita masih imut-imut najis

Gue dapet penjelasan lebih rinci dari project ini. Pemasangan 2 juta wifi di titik poin seluruh indonesia, project ini di kerjakan oleh anak perusahaan telkom, namanya telkom akses yang baru berdiri tanggal 12 bulan 12 dan tahun 12 kemaren. Berdirinya perusahaan ini karena desakan pemerintah menjadikan indonesia penuh jaringan. Nah kalo kalian lagi di jakarta atau bandung yang nemuin jaringan free@wifiid atau @wifiID itulah project yang akan gue kerjakan. Yah walaupun gue ga ngerti-ngerti amat masalah jaringan, tapi gue ngerti kok cara ngejaring cewek cantik

Gue ini baru pelatihan bukan langsung masuk dalam project telkom akses. 100 orang yang dapet pelatihan itu nanti akan di seleksi lagi dengan tes,  beryukur masuk 100 orang pilihan, lumayan dapet pelatihan. Hari pertama itu gue kira cuma pengenalan doang, tapi ternyata udah masuk materi pembahasan. Instrukturnya jelasin panjang lebar tentang jaringan, optik, pemetaan dan masih banyak lagi. Gue cuma bengong, ini kan materi untuk semester 4 sampe 6 dan ini materi enggak ada di jurusan gue, iya gue kan fokus ke pemrograman, kenapa gue harus belajar lebih dulu, kenapa gue ga paham, kenapa gue merasa bodoh, kenapa gue merasa imut. Oke maaf

Pelatihan hari pertama yang menguras otak. Gue merasa bersalah ikut project ini, harusnya kakak-kakak angkatan lama yang ikut ini. Merekakan lebih membutuhkan, mereka juga hampir lulus, sedangkan gue baru juga tahun ini masuk. Baru belajar megang laptop, baru ngelap ingus, ingusnya jupe

Hari ke 2 pelatihan lebih ke prakteknya, mulai dari instalasi cabling sampe integrasi programnya. Di mulai dari jam 8 pagi, karena dalam pelatihan ini ada 100 orang, jadi di bagi menjadi 2 kelas. Gue masuk ke kelas pertama, di kelas itu ternyata angkatan 2010 semua. Masuk situ gue nutupin muka sendiri, kelihatan bangetkan mana anak yang ilmunya udah tinggi dan anak cupu kayak gue yang masih sering kentut sembarangan

Lucunya pas praktek gue sama chandra lebih unggul dari orang yang ada di kelas itu. Bahkan hasil prakteknya di pamerin ke semua orang yang ada di situ. Sumpah gue malu banget, malahan gue di anggep senior sama mereka. Jadi ragu muka gue ini kelihatan imut apa amit-amit sih?

Karena gue sama chandra di anggep lebih senior banyak anak yang minta di ajarin. Sumpah ya demi Tuhan semesta alam, entah kenapa cewek-cewek banyak yang minta gue yang ngajarin. Sedangkan cowok-cowok minta di ajarin chandra. Maaf chandra otak kita mungkin sama-sama encer. Tapi gue lebih menarik di mata wanita. Sedangkan kamu, menarik di mata cowok

Hari ke-2 pulang-pulang gue tersenyum lebar. Ternyata orang yang udah lama kuliah tak semuanya lebih unggul, gue pun bisa bersaing dengan mereka . Hari kedua gue ngajarin cewek-cewek cantik, ga sengaja megang tangan mereka, di kenal banyak senior dan yang paling penting gue dapet ilmu yang lebih tentang jaringan, sayang bukan jaringan pacar

Hari ke-3 pelatihan instalasi pemasangan di outdor. Praktek ini butuh pengorbanan panas-panasan naik-naik tiang. Sebenernya ini bukan tugas kita, namun berhubung orang jaringan itu harus paham semuanya, ya harus praktek ke lapangan. Dalam praktek ini di bentuk grup, satu grup ada 3-4 orang. Gue gabung sama anak senior yang mau manjat tiang, iye gue ga mau naik-naik tiang apalagi si chandra. Dari pada manjat tiang si chandra mah milih nyium kambing

Gue sama chandra sebenernya ga mau gabung sama cowok-cowok, kita bahkan udah milih mana cewek yang di bolehin gabung sama kita. Iye kita semacam mencari cinta. Sebelum praktek ke lapangan di kasih materi terlebih dahulu. Instruktur lagi ngejelasin, gue sama chandra milih-milih cewek cantik, kita nemuin ada 4 orang. Salah satu duduk di paling depan, dia manis banget, pake baju biru. Ketika dia senyum, rasanya pengen masuk ke jamban aja

Siang kita langsung praktek outdoor, ternyata praktek ga bisa maksimal karena tangga yang di sediakan kurang aman, jadi dari 5 tiang yang sengaja di tanam deket danau kampus cuma di pake 1 doang untuk prakatek. Anak-anak pada ngumpul panas-panasan gue malah duduk manis di kantin sambil milih-milih cewek cantik, setiap gerombolan cewe cantik lewat si chandra nanya “Lu pilih yang mana?” pilihan gue juga pilihan chandra, selera kita sama. Mungkin kalo udah nikah kita bisa tukeran istri kali yah

Praktek instalasi ke tiang udah beres, dan beralih instalasi indoor. Kita di bagi menjadi beberapa kelompok lagi, di setiap meja di sediakan alat untuk instalasi nah kita belajar cara pemasangan yang bagus. Tuhan memang adil di dalam kelompok gue ada 2 cewek cantik, yang satu kecil putih, sayang agak tebel bedaknya. Satu lagi pake jilbab, hidungnya mancung matanya bagus, sayang udah punya monyet

Jadi waktu praktek itu gue ga fokus ngerjain, tapi malah ngelihat 2 cewek itu dengan puas. Sesekali di tanya cara masangnya, gue cuma senyum tanpa menjawab. Lagi asik ngelamun si chandra nyolek gue “Yaz lihat tuh kelompok sebelah, yang pake jilbab orange, cantik pas lepas kacamata”. “Heh mana?” tanya gue “Oh iya cantik, apalagi kalo lepas kacamata yg bawah”

Semua praktek udah selesai. Sore itu juga ada tes untuk masuk dalam project, gue sih ga terlalu berharap. Masuk syukur kalo enggak ya syukur, berarti gue harus belajar lebih banyak lagi. Pas tes wanita berjilbab orange tiba-tiba duduk di samping gue, si chandra iri banget. Gue girang dalem hati udang mau bilang “Mau nikah sama aku ga?” sayang gue masih brondong

Pas akhir-akhir mau selesai tes kita bercanda-canda. Ternyata si cewek berjilbab orange merasa terhibur oleh gue sama chandra. Namanya Aprelina. Pas udah selesai, gue sama chandra keluar duluan. Kita ngomongin aprelina sambil muter-muter kampus. Lagi di depan mushola eh tiba-tiba si Aprelina nongol “Eh ketemu lagi” Gue salah tingkah, langsung lari-lari kecil. “Kamu gokil” kata Apre. Makasih dan gue langsung nyium tanah

3 thoughts on “Pelatihan Project

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s