Jadi Sutradara


Episode 5Semuanya standby..

Kamera Rolling Action!

Seharian ini gue ngomong kayak di atas berpuluh-puluh kali, sampe mulut berbusa. Makan angin dan perut jadi buncit. Bukan hamil ya, kan gue cowok.

Gue lagi jadi sutradara film pendek. Sebenernya bukan proyek gue, tapi entah kenapa ada temen yang mempercayakan gue untuk jadi sutradara di filmnya itu. Awalnya bingung gimana jadi sutradara, setelah baca naskah yang di beri temen trus ngebayangin dikit akhirnya dapet pencerahan. ‘Ini naskahnya gue ganti sesuai apa yang di benak gue ya!’ kata gue ke temen. Dia setuju, semalem buat langsung jadi. Bahkan malemnya masih sempet mangkal di pom bensin, bukan sama banci ya!

Tadi pulang sekolah gue di hubungi buat syuting. Dateng anak-anaknya udah pada ngumpul semua, gue briefing bentar mengenai peran dari setiap pemain dan sifat-sifat mereka. Gue di sini sadar ternyata sutradara punya peran sangat penting untuk kesuksesan film, gue enggak ngejelasin satu atau 2 kali. Berkali-kali, tapi enggak ngerasa capek, malah seneng gitu bisa ngebantu mereka. Soalnya ada yang sexy juga ceweknya.

Setelah gue jelasin semuanya, peralatan syuting lengkap. Kita menuju lokasi satu persatu. Karena settingnya banyak di kampus, gue minta semua setting yang di kampus di ambil dulu. Ngarahin pemain itu gampang-gampang susah, ada yang di depan kamera mukanya lepeng, ada yang over acting. Bahkan ada yang kakinya gemeteran terus. Mungkin dia ngompol dikit.

Take gambar berkali-kali, kalo gue belum puas di ulang. Bahkan ada yang sampe kesel ke gue. Yah maklum lah, soalnya berkali-kali ekpresinya ga dapet, paling ngeselin itu kalo lightingnya kurang atau yang nonton di belakang kamera teriak-teriak. Mau gue teriakin balik, sayang suara gue kalo marah malah mirip cewek keselek.

Setiap ada pemain yang bingung atau lupa naskah gue arahin kembali, iya boleh sih improvisasi yang penting enggak terlalu jauh dari alur cerita. Bahkan ada lho pemain yang ga paham-paham tentang  apa yang gue jelasin. Apalagi mereka masih kaku-kaku di depan kamera. Take dikit lupa ulang, take dikit lupa ulang lagi. Sampe dapet sempurna, sepeti proses mencari jodoh, kita mencoba terus, gagal ulang. Tapi sayang ada yang frustasi di tolak cewek akhirnya cowokpun jadi.

Jadi sutradara itu bikin seneng, seakan kita itu jadi Tuhan dalam kehidupan. Apa yang kita pengenin harus terwujud, kita yang mensetting semua jalan kehidupan. Sekarang film itu lagi tahap editing. Tugas gue cuma sekedar sutradara trus memberi masukan kurang gimananya editan itu. Ntar kalo udah beres semuanya dan gue boleh minta untuk dishare akan gue posting di sini kok. Tapi kalo ‘ga boleh’ maaf ya, kan itu bukan proyek gue. Setelah dapet bayaran ya gue lepas. Oh iya sebenernya gue ga pernah minta bayaran. Kalo ada yang minta tolong dan itu sesuai apa yang gue suka, ya gue mau. Itung-itung nyenegin hati sendiri, penghibur lara hati seorang jomblo #eaaaa

Kalo kalian pengen tau contoh script film pendek silahkan klik download

10 thoughts on “Jadi Sutradara

      • hehe iya nggak pernah tapi saya seorang penulis–sekarang sedang memperdalam mempelajari dan lagi menulis sebuah sekenario film semoga saja ada link and bisa bekerja sama-and semoga juga naskah aku bisa terjual ya–aminn

Beri Masukan Tulisan gue ini

