Hacker Indonesia


Pernah ngerasain badan lemes, capek tapi ga bisa tidur pikiran melayang kemana-mana?. Mending ya kalo melayang bayangin itunya jupe yang gede. Lha ini bayangin ide-ide yang bermunculan, tapi belom terlaksana juga

Dan semakin kesini gue semakin merasa bodoh. Semakin banyak bahasa yang gue kuasai. Kalo kalian mungkin nguasain bahasa sunda, indonesia, inggris. Kalo gue beda, bahasa java, c, html, php. Kira-kira gue emang cocoknya ngobrol sama komputer. Pantes ya, jomblo *nangis di pojokan*

Gue nulis post ini mau bahas tentang hacker, istilah yang seharusnya ‘cracker’ berhubung orang banyak menyalah artikan ya gue ikut istilah ‘hacker’ di tulisan ini biar lebih gampang di terima. Tau hacker kan? Kalo belom coba baca [wikipedia/hacker]. Sebenernya gue akhir-akhir ini kurang tau berita-berita yang lagi hot. Dan tadi pagi ketika ada assisment mata kuliah Management Proyek gue baru tau. Kalo indonesia lagi di hebohkan penyerangan hacker dari australia.

“Sambil kalian mengerjakan assisment saya mau ngasih tau” kata dosen “kalian sebagai anak IT gunakan ilmu sebaik mungkin ya”

Anak-anak pada diem semua, dan dosen tetap pada pembicaraannya yang semakin menyadarkan kita pentingnya atitude di dunia maya.

“Fiaz, di sini ada komunitas hacker?” tanya dosen ke gue, iya ke gue entah kenapa gue merasa di sudutkan sebagai orang yang bisa hacking. Padahal boro-boro jebol situs pemerintah, jebol hati cewek aja di cuekin mulu.

Gue bukan hacker. Sekali lagi BUKAN. Bahkan gue salut sama orang indonesia yang bisa hacking, namun sayang mereka hanya bisa hacking tapi tak bisa menghilangkan jejak. Kalo mereka mau melakukan aktifitas hacking harusnya mikir dulu akibat yang akan di timbulkan. Iya gue tau indonesia itu hukumnya lemah. Penegak hukum di kasih cewek telanjang aja langsung lemes.

Setelah kelas beres gue ngobrol-ngobrol sama dosen, “Fiaz, gimana kalo kita bikin workshop scurity sistem” Gue mah dengan senang hati di ajak kayak gitu. Biar mereka lebih tau tentang keamanan, biar tau cara menghapus jejak di dunia maya. Tapi apakah mau mereka bayar mahal untuk pelatihan ini?

“Tapi biayanya di tekan seminimal mungkin pak, kalo bisa…” saran gue. Gue berani ngasih saran gitu soalnya dosen ini punya peran besar dengan masalah IT di indonesia khususnya di pemerintahan dan sekarang lagi ada seminar, workshop tentang scurity forensik di salah satu hotel terkenal di bandung dengan pembicara orang dari google, microsoft dan perusahan besar lainnya. BTW kalo kalian mau ikut silahkan cari infonya dan terakhir acaranya besok (rabu 20/11)

Emang setelah gue dapet proyek (gue ceritain di post ini) gue lebih deket dengan beberapa dosen. Dan lebih spesialnya dosen di sini itu harus punya sertifikat internasional untuk mengajar, jadi bisa di andalkan lah. Catatannya, mereka susah ngasih nilai, pokoknya susah. Kalo udah dapet C dan minta tugas atau apalah untuk naikin nilai. Susah. Sambil nangis garuk-garuk  lantaipun percuma

Kalo kalian hacker gue mau ngasih saran nih, ‘kalian kalo punya sifat nasionalisme sama negara indonesia bukan dengan cara membobol atau apalah kegiatan hacking yang merugikan negara. Boleh kalian nyari celah yang bisa di bobol tapi bukan dengan cara merusak, harusnya malah ngasih tau dengan baik. Tau ga akibat kalian bobol kedutaan luar negeri? Di serang balikkan? Kalian kalah? Pasti. Kenapa? Soalnya kalian ga pernah mikir kecepatan internet indonesia itu masih lelet, bahkan lebih bagus negara vietnam. Sebelum kalian beres ngelakuin aktifitas hacking, kalo di serang negara modern, ya mati duluan. Dan sekarang setelah di serang, internet di indonesia jadi down kan? Nikmatilah itu!’

Ah maaf untuk tulisan ini yang mungkin agak terlalu emosional. Semoga kita semakin belajar dengan kasus yang lagi hot ini. Semoga lebih hot pahanya jupe

2 thoughts on “Hacker Indonesia

Beri Masukan Tulisan gue ini

