Kipas-Kipas Proyek


Proyek di bidang teknologi itu emang menggiurkan, bagi yang tau. Tapi kalo ga tau itu bencana sih menurut gua sebenarnya. Kenapa karena banyak developer ga bisa ngukur kinerjanya, cuma bilang harga sebuah aplikasi. Client cuma lihat portofolio perusahaan, kalo bagus ya di ambil walaupun harganya milyaran.

Itu bukan masalah di sebuah perusahaan, tapi gua rasa semuanya. Udah 5 tahun gua kerja sebagai developer, dan 1.8 bulan jadi manager, gua jadi tau seluk beluknya di belakang sebuah aplikasi itu. Apalagi kerjaan kantor, beuh harga milyaran tapi sebenernya itu aplikasi yang sepele. Ya karena kantor udah punya nama.

Dan gua sadar itu ga ada ngembangin skill orang-orang di bawah gua, gua sendiri pun sadar ga berkembang banyak, cuma clientnya aja ganti-ganti dan problemnya itu-itu aja.

Seminggu kemaren gua dapet kerjaan side job, ya sekalian untuk ngisi waktu luang, lumayan juga harganya sampe puluhan. Ketemu lah gua sama seorang manager yang gua rasa umurnya pun di atas gua, tapi asli kesel banget dia ga tau kemampuan timnya sendiri, jadinya gua cuma kambing hitam. Untung lah bukan kambing kurban.

Kesepakatan pertama jadi, gua ngerjain aplikasi mobile kayak traveloka, dengan waktu 2 minggu, dengan syarat gua minta data dan fitur udah di sedian sama mereka, dan gua tinggal integrasi ke mobile. dan oke deal.

Trus mereka nelfon ga percaya gua bisa ngerjain, dan mereka ngetes untuk bikin halama login untuk android dan ios, 10 menit jadi gua jabanin. Akhirnya oke lah mereka percaya, dan gua minta kontrak bertandatangan di atas materai 6000 dimana, dengan syarat tim mereka ngasih data dan fitur yang gua butuhin dengan tanggal waktu yang telah di sepakati.

Gua kerjain lah aplikasi itu sambil nunggu surat kontrak di kirim ke rumah, 2 hari gua kerjain dan di situ juga ada deadline mereka beres untuk datanya, dan ya ternyata enggak. Padahal dari awal udah gua wanti-wanti paling krusial itu masalah backend jarang tepat waktu, tp managernya kekeuh aja kalo timnya bisa, Dalam hati pengen teriak WOY GUA UDAH 5TAHUN KERJA DIBIDANG INI, GUA TAU TIM GUA SERING TELAT DI BACKENDNYA KOK DI KASIH TAU GA PERCAYA.

Oke lah karena gua dibayar mahal ya gua ngikut aja tapi tetep harus sesai perjanjian. dan tau apa yang terjadi, sesuai dugaan manager yang gua kasih tau kekeuh itu pusing sendiri, target yang dia bikin ga beres di timnya. Klien mereka kecewa, dan yap gua di salahin.

Trus dia nyari alasan-alasan biar ga bayar gua, tapi gua lebih pinter toh sourcodenya di gua ga di bayarpun gua bisa bikin aplikasi sendiri atau kalo gua jahat kliennya gua telfon bilang kalo aplikasinya sebenernya udah 80%. Kan beres.

Trus mereka bingung karena mereka di kejar-kejar klien sedangkan gua tetep kekeuh sesuai perjanjian. Akhirnya di titik kesepakatan, mereka akan bayar 1/3 nilai proyek, gua ga mau dong karena yang salah di mereka bukan gua. Dan gua kekeuh sama bayaran proyek yang kita sepakati.

Dan yap bisa di tebak, mereka ngaku salah dan mau bayar sepenuhnya sesuai kesepakatan.

Moral of story, kalo proyekan di bidang teknologi mbok ya tau kondisi tim dan banyak belajar. Jangan asal ngambil proyek walaupun nilainya gede ujung-ujungnya duit sendiri yang kekuras karena bayar ganti rugi.

But i am enjoy, kipas-kipas duit.

1 thought on “Kipas-Kipas Proyek

  1. Tulisannya bagus mas..
    saya banyak belajar dari tulisan yang mas tulis di blog ini.
    Pernah ngalamin hal serupa..
    sayangnya job saya nggk pernah ada yang dalam bentuk kontrak.
    Hanya oke2an saja..(maklum tangan ketiga mas)
    Akhirnya project jadi gk jelas..
    dan kalo blunder yang salah tetap di saya..
    belum lagi tambah2an yang harusnya bukan tugas kita..

    Dari tuliasn mas, saya belajar kontrak kerja sangat penting..
    Terima kasih ceritanya mas..

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s