Mengelola Stress


Bagaimana cara kalian mengelola stress?

Kurang tidur traveling kerjaan ke negara-negara tetangga, harus ngatur tim, side project yang deadlinenya makin mepet, jadi kerjaan gua 3 bulan terkahir ini. Pertengahan bulan ini gua melepas semuanya. Gua bayar utang puluhan juta yang syukur udah lunas semua, gua mulai melepas side project yang ketat deadlinenya, gua mulai tidur dengan tepat waktu. Dan paling penting bersyukur punya waktu luang.

Awal stress gua muncul pulang dari malaysia tepatnya tanggal 6/09/18, gua mulai kepikiran hutang yang menumpuk sampe puluhan juta, gua mulai kurang tidur bahkan cuma 1jam sehari, mulai kepikiran target kantor yang harus gua beresin, gua mulai merokok dua bungkus satu hari, iya sampe segitunya padahal sebelumnya gua ga ngerokok sama sekali.

Tanggal 11/09/18 gua seharian berdiam diri, mulai meditasi apa yang salah di hidup gua, pekerjaan bagus, side job jalan, uang banyak. Tapi kenapa banyak beban. Satu-satu gua tulis mana yang harus gua beresin, mana yang harusnya gua ga usah gua peduliin. Iya ternyata sesederhana itu. Akhirnya gua dapet list yang paling urgen yang harus gua beresin dan yang paling bikin stress

Pertama, hutang, asli ternyata ini yang paling bikin hati selalu gelisah, otak selalu penuh. Gue mulai cairin investasi-investasi yang dulu gua sebar di berbagai perusahaan, pikiran gua cuma 1 gua ga mau punya hutang lagi. Akhirnya terkumpullah senilai hutang yang puluhan juga itu, yah gua gua juga nyesel kenapa gaya hidup yang di utamain padahal cuma kepuasan sesaat yang gua dapet. Setelah semua gua bayar lunas gua cuma punya tabungan dikit, biar ga stress gimana? sederhana ternyata bersyukur dan ga usah di pikirin duit tinggal berapa.

Kedua, gua mulai mengatur timeline pekerjaan yang agak longgar, tim gua mulai gua kasih kepercayaan untuk mengelola apa yang mereka kerjakan, gua mulai pake metode sprint untuk project-project, biar lebih fokus apa yang di kerjakan waktu itu dan apa yang pengen jadi target setiap tim gua. Well semoga jalan lebih baik

Ketiga, ini yang menurut gua paling pengaruh dan berharga, waktu ga bisa di tuker dengan keluarga, gua mulai sering nongkrong di kafe sama istri, ngorbol kesana-kesini, keluar malem sekedar nikmati suasana bandung, nonton tv di ruang keluarga yang tadinya pasti jarang gua lakuin, iya sesederhana itu.

Satu hal yang belum gua bisa lepas, pekerjaan yang sekarang tapi gua lagi mencoba mulai merintis bisnis yang memang gua suka, mulai dari design dan development, gua mulai ngehubungi teman-teman lama sama klien lama. Iya walaupun gua ngerjain side project menurut gua itu bukan bisnis, sekedar cari tambahan. Gua pengen project yang continue punya produk sendiri, yap lagi gua rintis.

Atau siapa tau dari kalian mau bikin aplikasi atau project design yang di pengenin tapi sampe sekarang belum terrealisasi? yuk ngobrol

1 thought on “Mengelola Stress

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s