Freelance ga Gampang


Apa yang susah ketika jadi seorang freelancer.

Oke jadi sekarang udah genap satu bulan lebih dikit gua beneran full jadi freelance. Ya walaupun sambilan dengan kuliah S2 yang syukur dapet sponsor jadi lagi semangat-semangatnya nih.

Dan udah 2 bulan ini 3 proyek beres gua selesain dan 1 proyek gua sebagai konsultan. Sebagai seorang full freelance ribet banget cuy ternyata. Dulu masalah asuransi di urus perusahaan, masalah dokumen juga di urus perusahaan. Sekarang semuanya sendiri.

Dan paling penting yang gua rasain adalah harus pinter ngebagi waktu dan ngasih pengertian ke klien kita bahwa kita punya bos banyak bukan cuma ngerjain 1 proyek. Ini menurut gua sangat penting biar si client ga seenaknya nganggep bahwa mereka udah bayar jadi bisa minta ketemu kapapun. Ya walaupun kalo masalah kerjaan mereka bisa minta kapanpun.

Kalo dulu gua kerja di kantor setiap ada revisi selalu sebel sama client, sekarang mencoba untuk berdamai diri, kalo setiap ada revisi dan sering banget padahal contoh kotak itu udah di benerin 3 kali ya harus gua benerin tanpa boleh marah, toh mereka sumber penghasilan gua.

Selain kualitas kerjaan kualitas personal juga harus di jaga, gua sekarang mulai sering ketemu klien yang ga terduga, dan ada salah satu artis yang lagi nyalonin dprd jawa barat lagi gua pegang sebagai konsultannya. Semoga selalu yang terbaik yang bisa gua kasih

Beri Masukan Tulisan gue ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s