Komunikasi yang Baik

kemarin di post Wisata Jogja, kepulanganku gue janji nyeritain orang orang yang gue temui. tapi kayaknya lebih baik gue jelasin cara komunikasi aja ya? kan banyak tuh orang yang ga bisa ngomong dengan orang asing.

selama gue hidup di dunia ini selalu di beri kemudahan kemudahan tersendiri karena komunikasi. gue hidup bukan dari keluarga yang kaya, namun dari kecil ke besar. semua dari titik nol. gue inget ketika masih kecil beli baju aja susah, tapi sekarang mau langsung beli 10 pasang baju tinggal gesek. itu semua karena bokap gue punya rahasia kekayaan, gue ga pernah di ajari secara langsung namun dengan berbagai proses yang tanpa gue sadari.

gue belajar bagaimana bokap gue menghadapi orang kecil, bagaimana dia berbicara dengan orang besar. bagaimana dia selalu di permudah dalam suatu apapun. kuncinya cuma 1 : komunikasi.

manusia itu egois, itu adalah hal yang harus kita garis bawahi dengan hal tersebut kita akan mendapatkan segalanya. kalo kamu ingin jadi orang besar jadilah pendengar yang baik, gue hampir setiap minggu denger orang yang curhat sambil nangis nangis di depan bokap gue, tapi bokap selalu diam dan memberi tanggapan sedikit. anehnya masalahpun beres, orang itu bahkan sering mengirim berbagai macam parcel ke rumah gue

masih bingung sama keterangan di atas? intinya kalo kamu ingin jadi orang besar tariklah pembicaraan orang lain, orang lain itu cenderung membicarakan tentang dirinya. jangan pernah kalian membicarakan kelebihan keliebihan diri kalian di hadapan orang lain mereka tak berminat sama sekali, mereka akan merasa bosan dan menjauhi diri kalian.

beda lagi kalo kalian mendengarkan dengan serius dan tersenyum ketika mereka berbicara. mereka akan senang dengan kalian, kalian akan di anggap orang yang sempurna. hubungan kalian akan semakin dekat bahkan akan selalu di beri kemudahan jika terjadi masalah pada kalian.

jadilah pendengar yang baik, tarik minat orang itu untuk membicarakan diri mereka. kalian akan mendapatkan kelebihan kelebihan yang dimiliki orang itu. gue pernah bicara sama pengusaha dari batam namanya bapak neddy walaupun baru ngobrol 1 jam dia nyaman dan gue pun diberi kunci hotel bintang 5 untuk tinggal selama 2 hari.

bukan itu aja gue juga dapet berbagai macam kelebihan. bokap gue bisa sekaya sekarang karena dia tau bagaimana prinsip kekayaan berjalan. kalo pingin seperti itu janganlah jadi orang yang egois biasakan untuk menjadi pendengar yang baik. tingkatkan kwalitas diri kalian, terutama tentang berbagai ilmu, semakin banyak ilmu yang kalian punya semakin nyambung utuk ngobrol sama orang orang besar.

jangan pernah membicarakan diri kita di hadapan orang lain. itu sangat membosankan. jika kalian bingung bagaimana cara memulai pembicaraan cukup sapa dengan ‘hi’ dan pembicaraan pun akan mengalir begitu saja. namun jika kwalitas diri kalian itu udah tinggi orang lain yang akan memulai pembicaraan tanpa anda mulai. semakin tinggi ilmu kalian semakin banyak orang besar berbicara dengan kalian.

belajarlah untuk menghormati orang lain dan berbicaralah apa adanya. mungkin bicara apa adanya memang menyakitkan tapi ada kelebihan tersendiri yang nantinya membuka jalan kemudahan. intinya untuk menjadi orang besar adalah menarik pembicaraan orang lain tanpa membicarakan diri kita sendiri kecuali diminta.

Advertisements

Manajemen Bisnis

ini hari paling melelahkan buat gue, mulut juga udah ndower banyak ngomong, kuping udah berdarah darah dengerin orang bicara. padahal gue tadi pagi bangun dengan indahnya, bangun jam 10 pagi. gue sempetin ngopi ngopi di depan rumah, bukannya nyaman tapi malah jadi bahan gosipan tetangga

‘eh jeng jeng tuh fiaz, pasti baru bangun tidur, liat aja celananya, BASAH.!, xixixixi’

itu salah satu contoh gosipan tetangga

agak siang gue kira ga ada jadwal, eh ternyata ada kondangan di tetangga (agak jauh sih). dengan hati terpaksa gue berangkat, gue heran ya, sama adat orang jawa. kenapa coba kondangan itu siang siang, ga tau matahari ada di tengah apa? atau, emang niat membunuh orang di kondangan secara pelan-pelan?

gue sih kalo besok nikah pengennya malem, soalnya udaranya lumayan dingin, trus tamu gue nanti bisa santai-santai sambil makan, dengerin band atau dangdut gitu, kan suasana jadi nyaman tententram. lebih spesial lagi malem malem ada kuntilanak ikut goyang ngebor

belum setengah jam gue duduk di tempat kondangan situ, di suruh pulang sama bokap. ada manajer bokap gue lagi kerumah. dengan terpaksa (lagi) gue pulang.

manajer bokap gue dulu itu anak angkat orang tua gue, tau kan maksudnya?. jadi dulu pernah jadi kakak gue gitu, sampai sekarang pun gue masih menganggap kakak. gue ngobrol ngobrol sama dia tiba tiba ngomongin perusahaan yang ada di luar jawa, tepatnya di ternate.

gue ga nyangka ternyata didikan bokap gue emang sip banget, dia sekarang udah mapan, malah mapan banget, penghasilan satu bulan udah mencapai 300 – 500jt, itu bersih lho belum juga perusahaan macem macem lainnya. omsetnya pun udah mencapai milyaran. sumpah gue kagum. cerita punya cerita, ternyata dulu waktu masih tinggal dengan keluarga gue dia sering di ajari tentang bisnis, tapi secara tidak langsung, istilahnya kasat mata gitu. nah setelah udah cukup umur, bokap gue ngasih duit 1,2 juta untuk hidup di ternate, dengan bekal hanya kecil gitu, sekarang udah punya 5 perusahaan gede.

ngobrol macem macem sama mulai perusahaan bokap dan perusahaannya sampe tetek bengeknya. yang paling ngena di hati gue itu, perbedaan antara pegawai dan pengusaha, dia malah iri sama pegawai, yang setiap hari bisa mengatur waktu punya baju yang selalu di setrika rapi. tapi dia, hidup di jalan ngembel, tidur seadanya soalnya jarang pulang, baju kotor beli baru, punya duit kebanyakan. sumpah ini gue ga tau maksud dia itu, lagi melas apa sombong?, tapi kalo di lihat dari mukanya sih emang muka susah (susah ngabisin duit)

bahkan gue tadi di tunjukin mengenai manajemen keuangan, dari jam 5 sore sampe jam 10 malem ini baru gue paham, ya ampun sumpah ini ga pernah gue bayangin pengeluaran pemasukan kayak main togel aja, bedanya ini bener-bener duit, gue ga bisa bayangin dia aja udah kualahan gini, lha bokap gue?, yang bawaannya santai kayak ga punya masalah, yang setiap hari malah sering main ke sawah, ternyata duitnya boo luar biasa. sayang gue ga pernah tau tentang bisnis bokap gue.

‘kata bokap lo’ nada serius dia ‘anaknya itu ga pernah dapet warisan, dia dulu bekerja mulai dari NOL, dan dia pengen anak anaknya termasuk lo itu sukses atas usaha sendiri bukan ngandalin orang tua’

ohhh ternyata gitu! pantes aja kakak gue yang pertama ini lagi susah susahnya hidup, udah usaha macem macem tapi belum juga kaya, didikan bokap gue emang kasat mata untuk orang semacam kakak kakak gue terutama gue yang bodoh ini. dan gue salut sama bokap gue yang ternyata di luar sesukses itu, tapi kita masih hidup dengan kesederhanaan, bahkan kita terlihat orang yang tidak mampu.

dan gue akhirnya jadi berpikir, ini bokap gue ini pelit apa super medit ya?

Menyikapi Kebahagiaan

kebahagiaan ternyata banyak orang yang belum bisa menyikapi hal itu. gue dulu juga merasa ga pernah bahagia tapi setelah begitu tau ternyata kebahagiaan itu adalah bagaimana cara kita menyikapinya

kebanyakan anak orang menengah keatas pasti galau akan kasih sayang, gue pernah ngerasain jarang ketemu orang tua. bahkan ketemu cuma waktu pagi doang, nanyain keadaan aja ga pernah. akhirnya melakukan hal hal yang negatif untuk menarik simpati orang tua, tapi ujung ujungnya nangis di bawah shower

tapi semua itu ga ada untungnya, itu malah menyakitkan diri. gue belajar dari kakak gue yang lebih dulu tua (ga tua tua juga sih). bagaimana dia menyikapi hidup sehingga ga pernah merasa kasih sayang bokap nyokap gue, kuncinya ternyata cuma 1 cara kita menyikapinya

mungkin kalo lo punya masalah sama kayak gue pertama lo harus menyibukkan diri, pasti di rumah ada fasilitas lengkap buat lo, manfaatin sibukkan diri aja kalo ada alat gym ya di manfaatin siapa tau ntar badan lo jadi keker kayak ade ray, gue juga sering nge-gym badan gue jadi terbentuk, bagus banget (kalo ga dilihat). soalnya malah mirip triplek

kalo punya taman kita bisa memanfaatkan seperti motong rumput atau nyiram tanaman, gue yakin kalo lo rutin identitas tukang kebun melekat di diri lo

gadget pasti lengkap, lo juga bisa manfaatin seperti ngeblog, atau bisnis online, sekarang lumayan menjanjikan lho bisnis online itu, kalo ga ada yang dijual ya jual aja gadget di rumah atau kalo perlu lelang aja pembantu lo di ebay

intinya sih kebahagiaan itu akan kita dapet dengan cara kita menyikapinya, orang tua lo sibuk itu juga buat lo, buat kebahagiaan lo, biar hidup lebih baik. harusnya bersyukur, dengan itu kita lebih dari orang lain. orang tua lo pasti bangga kok kalo lo manfaatin kelebihan yang ada dengan baik dan ingat kasih sayang orang tua lo ga pernah pudar sekecil apapun

Motivasi Sebuah Toples

Seorang Professor berdiri di depan kelas filsafat… tanpa mengucapkan sepatah kata, dia mengambil toples kosong mayones yang besar dan mulai mengisi dengan bola-bola golf.

Lalu dia bertanya pada muridnya, apakah toples itu sudah penuh ? Merekasemua setuju. Kemudian dia mengambil sekotak batu koral dan menuangkannya ke dalam toples.

Dia mengguncang dengan ringan. Batu-batu koral masuk, mengisi tempat yang kosong di antara bola-bola golf.

Dia kembali bertanya, apakah toples itu sudah penuh ? Mereka mengangguk.

Selanjutnya Profesor mengambil sekotak pasir dan menebarkan ke dalam toples

…. Tentu saja pasir itu menutup segala sesuatunya. Toples terlihat sudah penuh.

Profesor kemudian menuangkan dua cangkir kopi ke dalam toples, dan kopi tsb mengisi ruangan kosong di antara pasir.

Para murid tertawa ….

Kata Profesor :
“Pahami, bahwa toples ini mewakili kehidupanmu.
‘Bola-bola golf’ adalah hal-hal yg penting spt Tuhan, keluarga, anak-anak, kesehatan, dan para sahabat.
Jika semua hilang dan hanya tinggal mereka, maka hidupmu masih tetap penuh….
Batu-batu koral adalah pekerjaan, rumah dan mobil.
Sedangkan pasir adalah hal-hal lainnya yang kecil/sepele.
Jika kalian pertama kali memasukkan pasir ke dalam toples, maka tidak akan
tersisa ruangan untuk batu-batu koral ataupun bola-bola golf….
Kalian akan menghabiskan energi untuk hal-hal yang sepele. Jadi …
Beri perhatian untuk hal-hal yang penting/kritis dahulu.
Bermainlah dengan anak-anakmu. Luangkan waktu untuk check up kesehatan.
Berikan perhatian terlebih dahulu pada ‘bola-bola golf’!”
Salah satu murid bertanya : “Kopi mewakili apa Prof ?”

Profesor : “Itu untuk menunjukkan bahwa sekalipun hidupmu tampak begitu penuh, masih tersedia tempat untuk secangkir-dua cangkir kopi bersama sahabat…”

Kunci Kesuksesan Dalam Berwirausaha

Kesuksesan seseorang 30 % nya ditentukan oleh IQ dan 70 % ditentukan oleh EQ. EQ itu adalah yang disebut kecerdasan emosional, seperti kemampuan untuk memotivasi diri, keteguhan menghadapi frustasi (untuk mengendalikan gejolak dan penundaan gratifikasi, meregulasi mood dan tidak membiarkan mood menghambat kemampuan berpikir,serta sifat empati dan mampu berharap)

Menurut Julie Jansen, pengarang “I Don’t Know What I Want, But I Know It’s Not This”, ada 11 kunci kesuksesan seseorang, yakni:

1. Keingintahuan
Menjadi orang yang bersemangat untuk mencari tahu banyak hal dan belajar, menunjukkan ketertarikan pada hal-hal yang tak terlalu jelas, selalu menjadi orang yang berkata, “Saya ingin mengetahui lebih banyak tentang….“

2. Keteguhan
Memiliki gairah, energi, fokus, dan keinginan untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Motivasi, ketekunan, dan kerja keras adalah aspek-aspek keteguhan ini.

3. Pengambilan keputusan
Cerdas merangkum suatu hal atau mengambil keputusan dan melakukan keputusan itu, berani mengambil keputusan dan menentukan sesuatu saat terdesak meski tak memiliki segala informasi yang dibutuhkan.

4. Empati
Menunjukkan perasaan kepedulian dan memahami situasi, perasaan, dan motif orang lain, serta berusaha untuk mengerti apa yang mereka rasakan.

5. Fleksibilitas
Mampu mengambil alih, merespon positif terhadap perubahaan, bisa mengikuti arah, mudah beradaptasi, tidak kaku menghadapi pesan ganda.

6. Kepercayaan diri
Percaya pada diri sendiri bahwa ia mampu dan realistis memahami dan memperhitungkan keadaan. Sebuah sikap yang kebanyakan orang akan kagumi dalam diri orang lain dan berusaha keras untuk bisa memilikinya.

7. Humor
Melihat diri sendiri dan dunia dengan rasa senang, tidak memandang hidup secara keseluruhan dan diri sendiri terlalu serius. Mampu tertawa dan menjadi orang yang menyenangkan bagi orang lain.

8. Kecerdasan
Mampu berpikir dan bekerja dengan cerdas serta tangkas. Cerdas dengan apa yang dihadapi, tidak mengubah keadaan, berencana sebelum beraksi, bekerja efisien, dan berfokus pada kualitas ketimbang kuantitas. Namun kecerdasan yang ini berbeda dari IQ.

9. Optimisme
Mengharapkan hasil terbaik dan menggali aspek positif dari sebuah situasi, melihat sesuatu dari hal yang positif ketimbang negatifnya.

10. Rasa hormat
Mengingat bahwa hal ini sama tak sulit seperti berusaha bersikap baik, melindungi harga diri orang lain, memperlakukan orang lain dengan sikap yang penuh kasih dan dengan sopan santun etika yang ada.

11. Mawas diri
Sebuah bentuk kesadaran diri yang memungkinkan Anda untuk meregulasi diri dengan memonitor diri, mengamati diri, dan mengubah proses berpikir dan sikap.

Ini adalah sebuah dasar untuk mengerti diri sendiri.
Yang mana dari kesebelas kunci ini yang menjadi kekuatan Anda? Jika tidak yakin, tanyakan kepada orang-orang terdekat Anda mengenai kekuatan atau kelemahan yang Anda miliki dari 11 kunci ini. Namun, perlu diingat, tidak semua orang memiliki semua hal di atas ini dengan kadar yang kuat semua. Hal-hal ini bisa terus dibangun dan dikuatkan.