Lulus Mau Kemana

Episode 002Ciee selamat ya yang hari ini dapet surat kelulusan, udah berapa hari ga ngumpul sama temen kelas? kangen kan? apalagi hari ini mau rame-rame ngerasain kelulusan, pasti udah siap-siap semprot-semportan, kalo ga ada duit sih mending nyemprot kata-kata

Continue reading

Untuk Calon Mahasiswa

Yang lulus SNMPTN selamat ya… salut deh sama kesuksesan kalian gue ga bisa bayangin bagaimana proses kalian belajar mati matian untuk mendapatkan univ terbaik, apalagi yang pake biaya untuk les. Sana sujud sungkem dulu sama bokap nyokap.

Bagi yang belum lulus, bersyukur lah. Jangan sedih tuhan memberi jalan yang terbaik kok buat kalian, mungkin emang orang tua kalian belum setuju sama univ yang kalian pilih jadinya ya tuhan juga ga mengabulkan. PTS juga masih banyak kok, jangan nganggep remeh PTS, semua perguruan tinggi itu sama aja kok ujung ujungnya kesuksesan juga tergantung kepada kita bukan univ kita tersebut.

Gue juga di PTS lho, tapi gue bangga banget malahan. Universitas yang baik untuk kita adalah univ yang kalian sebutkan dengan bangga, gue selalu bangga kalo ada orang yang tanya ‘Fiaz lo kuliah di mana?’ . Dan gue pasti ngejawab dengan senyum kebanggaan ‘Di ‘Telkom dong’ semesta pun tersenyum indah untuk hati gue. Apalagi biasanya PTS akan memberikan fasilitas yang lebih untuk mahasiswanya, mulai dari peralatan sampe yang lain lain, iya gue di telkom juga dapet laptop, dapet asuransi kesehatan, dapet apartemen dan masih banyak yang lain. Walaupun biaya persemester memang mahal.

Beda sama PTN biasanya peralatan bukan yang ‘Wah’ lagi, tapi tetep perbedaan yang mendasar PTN akan mendapatkan biaya persemester yang murah tapi kalo biaya pertama masuk setara kok antara PTN dan PTS. Jadi memang ada sisi Beruntung dan Untung. Bagi yang belum lolos jangan kecil hati bangga lah kalian mau sekolah PTS dengan fasilitas lebih.

Tapi gue mau nebak deh, kalian sebelum pengumuman tadi malam udah ngerasakan? entah ada yang ngerasa gembira karena lulus ada yang ngerasa enggak enak. Gue jamin yang merasa enggak lulus emang lebih dominan, dan emang bener terjadi. Nah itu tandanya tuhan emang memberitahu kita untuk mencari yang lain sebelum bener bener kecewa.

Dulu gue pernah kecewa, bukan dulu banget sih pokoknya pas ada jalur undangan tahun ini lah, lupa gue bulan apa sekitar maret mungkin. Nah gue kan waktu itu emang udah di terima di telkom, dan satu satunya murid di sekolah gue yang udah dapet Univ emang gue doang. Sisi lain emang bangga tapi gue tetep pengen banget masuk ITB. Ikut deh gue nyoba nyoba Jalur undangan, tapi apa? guru  ga ngebolehin gue ngikutin jalur undangan, padahal nilai gue juga layak banget. Gue tanya alasannya karena gue udah di terima di univ, gue marah banget lah itu kan cuma PTS dan jalur undangan juga terbuka untuk semua siswa yang nilainya layak. Semakin gue marah semakin ga di bukain jalan. Lama lama gue sadar mungkin emang tuhan memilihkan gue yang terbaik, gue yang suka fasilitas lengkap, gue ga suka sekolah sekolah negeri dengan berbagai aturan aneh akhirnya tetep deh tuh PTS telkom gue ambil.

Dalam hati gue ga pernah nyesel ga di bolehin ke ITB tapi gue bersyukur tuhan emang udah memberi jalan yang terbaik. Gue ga nyoba jalur SNMPTN tulis kemarin karena gue emang udah yakin di telkom. Mungkin aja gue bulan desember ini nanti di terima di Jepang (semoga) makanya di taruh di PTS atau kemungkinan kemungkinan yang lain yang belum gue ketahui.

Kemarin gue semakin bangga bisa masuk Telkom, ternyata biaya pendaftaran gue paling murah di bandingkan dengan yang ada di PTN maupun jalur penerimaan telkom yang selanjutnya. Gue emang lulus pendaftaran telkom jalur awal jadi emang paling murah dari yang lain. Bahkan kemarin temen sekelas gue juga lulus di telkom jalur terakhir sama persis dengan jurusan yang gue ambil biayanya 2 kali lipat, sumpah tuh biaya kalo di beliin tanah udah dapet 3 kapling kali.

Intinya sih jangan nyerah ya! yang belum dapet kampus negeri, jangan lihat kebelakang lagi. Jalur depan masih harus di cari!

NB. Temen bloggers yang baca ini share pengalaman kalian masuk Univ ya! di komentar bawah ini. biar yang masih sekolah bisa dapet pengalaman berharga.

Nilai Minimal Masuk Universitas 2012

: Nilai minimal (passing grade) raport untuk masuk jurusan XXX Universitas YYY di SNMPTN Undangan 2012 berapa ya?

: Tidak ada nilai minimal ataupun passing grade dalam SNMPTN Undangan 2012. Hal tersebut disebabkan karena ada banyak sekali faktor yang menjadi objek penilaian dalam SNMPTN Undangan 2012. Bahkan, saking banyaknya faktor yang menentukan dan rumitnya penilaian, SNMPTN Undangan sering disebut-sebut sebagai undian berhadiah. Nah, besar-kecilnya nilai Anda pun hanyalah salah satu faktor di antara faktor-faktor yang ada. Makanya, nilai minimal raport atau passing grade raport di SNMPTN Undangan bisa dibilang tidak ada karena besar-kecilnya nilai raport Anda di SNMPTN Undangan 2012 hanya salah satu faktor di antara faktor-faktor penilaian SNMPTN Undangan 2012.
Continue reading